androidvodic.com

PAN Sebut Jokowi Tidak Menawarkan Kaesang ke Parpol Manapun untuk Pilkada Jakarta - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menepis isu yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyodorkan nama putra bungsunya sekaligus Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, ke berbagai partai politik untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024. 

"Kalau Pak Jokowi cawe-cawe, saya enggak dengar. Pak Jokowi enggak menawarkan (Kaesang) ke mana-mana, ," kata Yandri kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Wakil Ketua MPR RI itu mengatakan, maju atau tidaknya Kaesang di Pilkada Jakarta merupakan hak politiknya.

Baca juga: Bukan RK, Kaesang Disebut Bakal Jadi Tantangan Berat Pasangan Anies-Shohibul Iman, Ini Alasannya

"Dia kan warga negara, ketua umum partai, punya potensi, enggak ada masalah. Kalau Mas Kaesang mau maju, itu hak dia," tandasnya

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons soal pernyataan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi yang menuding bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi menawarkan dirinya ke parpol untuk Pilkada Jakarta.

Kaesang menilai Aboe tak berbicara sesuai fakta

"Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik" kata Kaesang kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Kaesang menambahkan bahwa kewenangan mencalonkan itu berada di ketua-ketua umum partai.

"PSI punya kursi di Jakarta, lumayan ada delapan kursi. Banyak juga partai yang menyodor-nyodorkan jagoannya agar didukung PSI. Pernyataan Sekjen PKS mungkin hendak menutup pintu koalisi dengan PSI, ya enggak apa-apa juga," tambahnya.

Adapun Kaesang sebagai Ketum PSI menegaskan berwenang penuh menentukan siapa yang akan diusung di Pilkada Jakarta.

Baca juga: Istana Bantah Tawarkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Pengamat Singgung Diusungnya Gibran di Pilpres

"Kewenangan itu semua ada di ketua umum kok, jadi kita tunggu saja. jangan bawa-bawa Presiden, yang ketua umum kan saya,"  lanjutnya.

Dia berpesan agar Pilkada Jakarta dijauhkan dari berita bohong, sebab hal tersebt merugikan masyarakat.

"Terlebih lagi akan merugikan pihak yang suka menyebar berita bohong seperti itu. Masyarakat kita sudah cerdas," pungkasnya.

Isu mengenai Jokowi menawarkan Kaesang kepada Parpol-parpol untuk didukung di Pilkada Jakarta, muncul dari Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

Baca juga: Lihat Kaesang Rajin Salat Jumat di Jakarta, Ketua NasDem DKJ Harap Putra Jokowi Maju Pilkada DKI

Ia mengatakan bahwa Presiden telah menyodorkan putra bungsunya yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta kepada sejumlah partai. Namun ia tidak merinci partai apa saja yang dimaksud.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat