androidvodic.com

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep Diibaratkan Bertanding di 'Kolam Hiu' Jika Maju di Pilkada Jakarta - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra 

News, JAKARTA - Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakni Kaesang Pangarep diyakini bakal kesusahan menang jika benar maju sebagai calon kepala daerah di Pilkada Jakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Pengamat Politik Indo Barometer M. Qodari, yang bahkan mengibaratkan Kaesang akan nyemplung ke kolam hiu apabila memaksakan diri bertarung menjadi cagub Jakarta.

Pasalnya kata Qodari, di Jakarta akan ada petahana yang bertanding dalam hal ini Anies Baswedan dan bahkan notabenenya merupakan mantan kontestan pilpres kemarin.

"Di Jakarta ada petahana namanya Anies Baswedan, yang kedua Anies Baswedan ini kelasnya sudah capres karena sudah bertarung walaupun kalah," kata Qodari saat hadir sebagai pembicara di rilis survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan secara daring, Minggu (30/6/2024)..

"Jadi istilah saya Kaesang kalau masuk di Jakarta itu masuk ke kolam Hiu, gitu karena ini isinya hiu semua jadi gede," sambung Qodari.

Namun, jika Kaesang memang benar pengin menargetkan menjadi kepala daerah, Ketua Umum DPP PSI itu kata Qodari, lebih berpotensi menang jika maju di Pilkada Jawa Tengah.

Sebab, keterpilihan Kaesang akan lebih menguntungkan menurut Qodari. Beberapa aspeknya karena, di Jawa Tengah tidak ada petahana, dan Kaesang merupakan putra Presiden Jokowi.

"Sementara di Jawa Tengah itu tidak ada petahana, dan nama-nama yang muncul notabene nama-nama yang barangkali sebagian adalah wajah-wajah baru," kata dia.

"Jadi sebetulnya tidak banyak yang menyadari bahwa secara elektabilitas secara potensi suara, KP itu justru punya peluang di Jawa Tengah, apalagi kalau kita bicara peta pertarungan di Jakarta, kelihatannya memang lebih berat dibandingkan di Jawa Tengah," sambung Qodari.

Dirinya kembali mengibaratkan kalau Kaesang, justru akan menjadi ikan hiu jika memanfaatkan peluang atau potensi di Jawa Tengah ketimbang di Jakarta.

Hal itu semakin dikuatkan dengan hasil survei terbaru dari LSI yang menyatakan kalau elektabilitas Kaesang paling unggul di Jawa Tengah.

"Nah lembaga survei ini menunjukkan bahwa tesis itu betul bahwa kalau ada Kaesang dia adalah hiunya yang mampu memangsa ikan-ikan tongkol yang selama ini sudah beredar di Jawa Tengah gitu ya, terbukti dari hasil survei yang menunjukkan kalau ada Kaesang dalam pertanyaan tertutup maka yang dominan adalah Kaesang," tandas Qodari.

Sebelumnya, Elektabilitas putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakni Kaesang Pangarep sejauh ini unggul dibandingkan beberapa nama yang tersiar di masyarakat untuk Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Tingkat elektabilitas Kaesang bahkan mencapai lebih dari 25 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat