androidvodic.com

6 Hasil Survei Terbaru Pilkada Jateng 2024: Elektabilitas Kaesang Lampaui Hendi hingga Kapolda - News

News - Berikut ini 6 hasil survei elektabilitas Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024, di mana terjaring beberapa nama politikus.

Hasil survei elektabilitas Pilgub Jateng 2024 tersebut dari Survei Kanigoro Network, Lembaga Survei Indonesia (LSI), Survei Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC), Survei Indeks Data Nasional (IDN), Proximity Indonesia dan Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN).

Dari beberapa nama yang terjaring, Eks Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serta loyalis Prabowo Subianto saling menyalip di posisi pertama.

Mereka adalah Hendrar Prihadi, Sudaryono dan Taj Yasin, politisi yang dianggap potensial maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jateng 2024.

Lantas berikut 6 hasil survei elektabilitas Pilgub Jateng 2024:

LSI

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyelenggarakan survei bertajuk 'Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah?'.

Hasilnya terdapat simulasi 21 nama dan 6 nama kandidat.

"Kalau kita kerucutkan dengan memberi daftar 21 nama, nama ini yang beredar di masyarakat, baik di media bakal-bakal calon ini, yang sementara unggul ini nama Kaesang Pangarep disusul oleh Ahmad Luthfi, Abdul Wachid, Raffi Ahmad juga ada di situ, Pak Bambang Wuryanto Pacul, Sudaryono, Hendrar Prihadi mantan walikota Semarang," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Minggu (30/6/2024).

Djayadi lantas membeberkan perolehan tingkat elektabilitas Kaesang jika simulasi 21 nama itu terjadi di Pilkada Jawa Tengah tahun ini.

Berikut hasilnya:

Baca juga: PDIP Respons Santai Soal Elektabilitas Kaesang Unggul di Jateng: Angkanya Belum Ngangkat Jadi Calon

  • Kaesang 15,9 persen
  • Kapolda Jateng Irjen pol Ahmad Luthfi 12,9 persen
  • Abdul Wachid 7,8 persen
  • Raffi Ahmad 6,8 persen
  • Bambang Wuryanto 5,8 persen
  • Sudaryono 4,7 persen.
  • Hendrar Prihadi  4,7 persen.

Survei Kanigoro Network

Pendiri Kanigoro Network, Joko Kanigoro, dalam siaran pers di Semarang, Kamis (20/6/2024), mengatakan, survei elektabilitas sejumlah tokoh jelang Pilkada Jateng 2024 dilakukan di 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah pada 1 hingga 15 Juni 2024.

Dalam survei, kata dia, dilakukan pengukuran empat nama bakal calon gubernur dan empat nama calon wakil gubernur yang selanjutnya disimulasikan dua pasang calon.

"Mengerucut ke empat sosok calon wakil gubernur, Siti Atikoh, Taj Yasin Maimoen, Yusuf Chudlori (Ketua PKB Jawa Tengah) , dan Casytha Arriwi Kathmandu (anggota DPD RI)," katanya.

Menurut dia, Siti Atikoh meraih elektabilitas sebesar 30,4 persen, mengungguli Taj Yasin yang meraih 22,7 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat