androidvodic.com

Menerka Pengaruh Jokowi dan Gibran jika Kaesang Maju Pilkada 2024, Pengamat: Akan All Out Membantu - News

News - Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep masih belum memberikan kepastiannya akan maju tidaknya ia di Pilkada 2024 yang akan digelar pada November mendatang.

Meski demikian, Kaesang digadang-gadang memiliki peluang untuk bisa menang jika ia maju di Pilkada 2024.

Mengingat ia memiliki privilege sebagai anak Presiden Jokowi, dan adik Wakil Presiden Terpilih Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka.

Lantas seberapa besarkah pengaruh Jokowi dan Gibran, jika Kaesang benar-benar maju di Pilkada 2024?

Peneliti utama politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai meski Jokowi telah lengser sebagai presiden pada Oktober mendatang, Jokowi tetap akan memberikan pengaruh untuk Kaesang.

Bahkan Siti menilai pengaruh Jokowi ini masih kuat untuk Kaesang, mengingat Jokowi baru sebulan lengser dari jabatan presiden.

“Jadi katakan Pak Jokowi sudah purnabakti pada Oktober nanti. Lalu, pilkada tanggal 27 November, berarti kan sebulan lebih, pilkada sebulan lebih (setelah Jokowi lengser). Apakah lalu ada pengaruhnya? Sisanya masih kuat pastinya, belum sampai satu tahun soalnya. Pasti akan ada pengaruhnya yang luar biasa,” kata Siti dilansir Kompas.com, Sabtu (6/7/2024).

Lebih lanjut, Siti juga mengungkap prediksi bahwa Gibran sebagai kakak Kaesang juga akan all out mendukung.

Terlebih saat Pilkada 2024 mendatang, Gibran sudah resmi dilantik sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto yang menggantikan Jokowi.

“Tentu dalam hal ini, Gibran akan all out gitu ya kalau memang nanti PSI mengusung Kaesang,” imbuh Siti.

Diketahui nama Kaesang sendiri masuk dalam bursa Pilkada DKI Jakarta dan sempat diisukan akan dipasangkan dengan Mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan.

Baca juga: Efek Jokowi dan Elektabilitas Tinggi, Kaesang Disebut Punya Peluang Besar Menang di Pilkada Jateng

Namun Kaesang lantas menyebut bahwa ia dan Anies berbeda dan memberi sinyal gagalnya duet Anies-Kaesang yang sempat ramai jadi sorotan.

Majunya Kaesang di Pilkada Jakarta juga mendapat banyak kritik, karena putra bungsu Presiden Jokowi dinilai minim pengalaman untuk menjadi gubernur atau wakil gubernur.

Sementara di Pilkada Jakarta sendiri, sudah ada nama besar yang mengemuka.

Baca juga: PKS Tutup Pintu Buat Kaesang Koalisi di Pilkada Jakarta: Asal Mau Dukung Anies-Sohibul Iman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat