androidvodic.com

Buka Peluang Dukung Bobby di Pilgub Sumut, PDIP Disebut Ingin Buka Komunikasi dengan 'Keluarga Solo' - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro merespons PDI Perjuangan (PDIP) yang masih membuka peluang untuk mengusung Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara (Sumut).

Soal peluang partai berlambang banteng bermoncong putih itu untuk mengusung Bobby sempat disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, beberapa waktu lalu.

Agung mengatakan, ada dua hal yang menjadi pertimbangan PDI Perjuangan untuk mengusung Bobby.

Pertama, elektabilitas menantu Presiden Joko Widodo itu yang sementara ini unggul dibandingkan kandidat lain di wilayah Sumatera Utara.

"Secara strategis, PDIP melihat sisi elektoral Bobby sementara ini unggul dibanding yang lain," kata Agung, saat dihubungi News, pada Minggu (7/7/2024).

Agung menduga, PDIP ingin membuka komunikasi dengan keluarga Jokowi secara terbatas, yakni hanya dalam konteks pilkada.

"Arahan mengusung Bobby ini bisa dilihat bahwa PDIP ingin membuka ruang komunikasi politik dengan keluarga Solo, walaupun sifatnya terbatas dalam konteks pilkada," jelasnya.

Selanjutnya, menurut Agung, figur Bobby dinilai paling siap maju. Hal tersebut dikarenakan tingkat penerimaan partai-partai politik, baik yang berada di parlemen ataupun nonparlemen terhadap Bobby.

"Secara politis, suka atau tidak, Bobby paling siap maju karena akseptabilitas tinggi di antara partai-partai parlemen/nonparlemen dan didukung 2 istana, istana merdeka serta istana hambalang," ucap pengamat politik itu.

Sebelumnya, peluang untuk mendukung Bobby disampaikan Puan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

"Bisa saja (PDIP usung Bobby)," kata Puan Maharani.

Pasalnya, kata Puan, hingga kini PDIP belum memutuskan untuk mengusung sosok calon gubernur (cagub) untuk Pilkada Sumut 2024.

Baca juga: Jempol dari Puan untuk Kaesang, Kandang Banteng Jateng Bakal Jadi Arena Pertarungan Jokowi Vs PDIP

"Belum ada keputusan, tapi bisa saja (PDIP mengusung Bobby)," ucap Puan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat