androidvodic.com

Pengamat Politik Ungkap Alasan Realistis Jika Kaesang Maju Pilkada Jawa Tengah - News

News, JAKARTA - Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai wajar, jika Ketua Umum PSI sekaligus putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep maju pada Pilkada Jawa Tengah.

Sebab menurut Adi nama-nama lain yang muncul dalam bursa Pilkada Jawa Tengah tidak terlalu kuat secara signifikan.

"Jadi kalau mau realistis ya sebenarnya Kaesang di Jawa Tengah, karena kemungkinan lawan yang diusung itu relatif sama karena tidak ada petahana, jadi nama nama yang muncul kan tidak terlalu kuat secara signifikan," kata Adi kepada wartawan Minggu (7/7/2024).

Adi menyebut, dimunculkannya nama Kaesang untuk Pilkada Jateng juga untuk mengecek situasi, apakah adik Gibran Rakabuming Raka itu bisa diterima masyarakat atau tidak.

"Karena bagi kita yang melihat dari jauh munculnya nama Kaesang dalam survei yang cukup signifikan di Jawa Tengah ini tentu tidak lahir dalam ruang hampa," ucap Adi.

"Artinya apa? Ketika nama Kaesang muncul secara signifikan di Jawa Tengah ini mungkin sedang testing the water sejauh mana penetrasi penerimaan publik di Jawa Tengah dengan Kaesang," imbuhnya.

Namun, kata Adi, kesempatan Kaesang maju di Jawa Tengah tergantung partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus Jokowi.

Menurutnya, KIM selama ini selalu mengkomunikasikan langkah politiknya ke Jokowi.

"Artinya Kaesang maju di Jawa tengah atau di tempat lain itu keputusan elite yaitu ketua ketua umum partai yang mereka pasti mengkonsultasikan ke Pak Jokowi dalam hal itu menurut saya potensi Kaesang akan maju," ujarnya.

Meski, sejauh ini nama yang mencuat dari KIM adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Tetapi, semua bisa berubah selama belum ada keputusan final KPU.

"Jadi per hari ini kalau melihat kecenderungan rata rata.pata elite meski belum di deklarasi ya Ahmad Luthfi sebenarnya di Jateng mewakili kubu KIM," ucapnya.

"Tapi kita tidak pernah tahu sebelum ada janur kuning melengkung keputusan KPU Jawa Tengah siapa yang maju sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur apapun masih bisa terjadi," tandasnya.

Respons Kaesang

Sementara itu, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep minta publik menunggu terkait dirinya bakal maju di Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah.

Ia mengatakan kejutan atas keputusan tersebut akan terjadi pada Agustus mendatang.

"Alhamdulillah saja (Elektabilitas tinggi di Jawa Tengah). Tapi balik lagi untuk Jakarta atau Jawa Tengah seperti yang saya bilang, tunggu kejutannya di bulan Agustus," kata Kaesang kepada awak media di Jakarta Utara, Jumat (5/7/2024).

Baca juga: Survei LSI: Elektabilitas Kaesang di Pilkada Jateng Paling Tinggi 25,6 Persen, Disusul Ahmad Luthfi

Kemudian ia menegaskan bahwa partainya berkomunikasi dengan semua partai politik di Pilkada Serentak 2024.

“Kami komunikasi dengan semua partai, saya kan ketua umum Partai Solidaritas Indonesia,” tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat