androidvodic.com

Survei Indikator: Ahmad Luthfi Jadi Calon Gubernur Top Of Mind di Pilkada Jawa Tengah - News

Laporan Wartawan News,  Fersianus Waku

News, JAKARTA - Hasil jajak pendapat lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Ahmad Luthfi menjadi bakal calon gubernur (cagub) top of mind atau yang paling banyak dipilih masyarakat Jawa Tengah (Jateng) di Pilkada 2024 dengan perolehan suara sebesar 8,6 persen.

Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, top of mind ini menggunakan metode simulasi terbuka.

"Nah dalam simulasi ini Ahmad Luthfi tertinggi tapi tidak mencapai 10 persen," kata Burhanuddin saat memaparkan rilis surveinya secara virtual pada Minggu (7/7/2024).

Setelah Ahmad Luthfi disusul Bupati Kendal Dico Ganinduto 4,6 persen, mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen 4,3 persen.

Lalu, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul 4,1 persen dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep 4 persen, dan sejumlah nama lainnya dengan perolehan suara cukup rendah.

Sementara dari jumlah tersebut masih ada 65,7 persen yang belum menentukan pilihannya.

Menurut Burhanuddin, lebih dari 2/3 warga Jateng itu belum memiliki calon gubenur favorit.

"Jadi pemilih strong voters yaitu pemilih yang bisa menyebut secara langsung siapa cagub yang ada di kepala mereka jika top of mind ini disodorkan itu di bawah 10 persen. Jadi kecil-kecil," ucapnya.

Karenanya, dia berkesimpulan bahwa Jateng masih menjadi lapangan terbuka buat siapapun. 

Survei dilakukan pada 10-17 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka untuk WNI di Jawa Tengah yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Baca juga: 3 Partai Dukung Ahmad Luthfi Maju Pilkada Jateng, Elektabilitas Kapolda Tempel Kaesang Pangarep

Survei ini melibatkan 800 responden dipilih melalui metode multistage random sampling dengan margin of error survei ini diperkirakan ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat