androidvodic.com

Djarot PDIP Anggap Hasil Survei Kaesang yang Disebut Unggul di Jateng Bukan Patokan  - News

Laporan Wartawan News,  Fersianus Waku

News, JAKARTA - Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidajat mengatakan, hasil survei elektabilitas Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep unggul di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) bukan menjadi patokan.

"Bagi PDIP, survei itu bukan patokan ya. Itu gambaran ya," kata Djarot di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Djarot menegaskan, semua figur berpeluang untuk maju dalam Pilkada Jakarta maupun Jateng, namun perlu pendalaman.

Dia menjelaskan, PDIP tak hanya memikirkan survei elektabilitas dari seorang kandidat, melainkan kapasitas dan integritas.

"Bagi kita, bukan hanya kita harus memikirkan tentang hasil survei sekarang. Tetapi lebih banyak, kalau kita melihat sosoknya ya, kapasitasnya, integritasnya, kemampuannya," ujar Djarot.

Di sisi lain, Djarot menuturkan bahwa PDIP tak terburu-buru menentukan calon yang akan diusung, pihaknya mendengarkan suara rakyat.

"Karena nanti yang akan terkena dampaknya, atau manfaatnya adalah rakyat pemilih. Jadi, mari kita dengarkan, termasuk juga bagaimana problem yang dihadapi masing-masing daerah," ucapnya.

Anggota Komisi II DPR RI ini memastikan PDIP sangat serius untuk menghadapi Pilkada serentak 2024.

"Makanya di kita sudah dibentuk Tim Pemenangan Pilkada secara nasional, termasuk juga penguatan DPP dengan menambah personil," imbuh Djarot.

Terbaru, hasil jajak pendapat lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas Kaesang berada di urutan pertama dalam simulasi semi terbuka 20 nama cagub Jateng. 

Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, simulasi semi terbuka 20 nama berbeda dengan pola top of mind melalui pertanyaan terbuka.

Di mana, dalam pola top of mind atau yang paling banyak dipilih masyarakat, Ahmad Luthfi berada di urutan pertama, yakni 8,6 persen.

Sementara melalui simulasi semi terbuka 20 nama, Kaesang menempati urutan pertama dengan perolehan suara 17,7 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat