androidvodic.com

Disambut Secara Adat, Anwar-Reny Raih Dukungan Warga Kulawi Sigi - News

News, JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid-Reny Lamadjido dapat sambutan meriah dari masyarakat Desa Bolapapu, Kabupaten Sigi

Upacara adat Kulawi turut memeriahkan kedatangan pasangan Berani (Bersama Anwar-Reny) ini. 

Tokoh Adat Kulawi Bolapapu Ari Frederik Manoppo menuturkan, acara penyambutan ini dimulai dengan tarian rego. Sebuah tarian yang menggambarkan kegembiraan serta pengungkapan rasa syukur.

Setelah disambut tarian rego, Anwar-Reny akan dipakaikan simbol berupa siga (penutup kepala laki-laki) dan talien untuk perempuan, prosesi lantas berlanjut ke Mepantodui. 

"Setelah tiba ini disambut oleh tarian rego abis tarian ada nanti disebut mepantodui," ujar Fredy saat ditemui wartawan, Rabu (17/7/2024). 

Mepantodui berarti 'baru menginjakkan kaki', sebuah upacara adat yang digelar bagi mereka yang baru datang. Upcara Mepantodui sekaligus menjadi penanda bahwa Anwar-Reny telah resmi diterima sebagai bagian dari keluarga Kulawi. 

"Setelah menggunakan siga untuk laki-laki dan talien untuk perempuan, menginjakkan kaki di dulang berarti sudah menjadi keluarga warga Kulawi," tutur Fredy. 

Sebagai tokoh adat di Desa Bolapapu, Ari menuturkan, sebenarnya dukungan kepada Anwar Hafid telah sejak dulu dilakukan.

Tetapi kala itu Anwar Hafid gagal dalam pencalonan, namun kali ini dengan berkumpulnya masyarakat Kulawi, menandakan keseriusan mereka memperjuangkan dukungan terhadap Anwar-Reny. 

"Kalau di sini terus terang sudah dari periode yang lalu kami itu dukung. Kali ini InsyaAllah kita lihatlah kehadiran orang-orang ini, jarang orang di Kulawi ini bisa dikumpul sebanyak ini," ucap Fredy. 

Kemudian, Anwar Hafid jiga dinilai sosok pemimpin yang tidak asal membawa program. Lebih dari itu, program Anwar Hafid masuk akal dan mampu ia buktikan, sehingga tidak seperti yang lain hanya berjanji agar dipandang baik.  

"Program-program yang beliau sampaikan itu semua programnya masuk akal dan bisa dilaksanakan. Kan biasa banyak program cuma supaya dilihat baik," kata Fredy.

Baca juga: Rajin Berdialog dengan Rakyat, Anwar Hafid Borong Aspirasi Demi Kemajuan Sulteng

Sehingga ini memperkuat tekadnya untuk totalitas mendukung Anwar Hafid. Terlebih jam terbang di pemerintahannya yang dimulai Anwar Hafid sejak bawah, Fredy menyebutkan, mulai dari lurah, camat, hingga jadi bupati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat