androidvodic.com

Golkar Percaya Diri Elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta Masih Bisa Naik, Meski Ada Anies dan Ahok - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil menempati top of mind sebagai calon gubernur di Jakarta maupun Jawa Barat.

Bahkan, hasil survei Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat paling tinggi.

Sementara di Jakarta, pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjadi pesaing bagi Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menempati posisi tiga besar.

Dengan waktu tersisa lebih kurang satu bulan sampai pendaftaran Agustus 2024, Partai Golkar pun percaya diri bakal mendongkrak elektabilitas Ridwan Kamil.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jakarta. Airlangga menyatakan bahwa partainya sudah memberi tugas kepada Ridwan Kamil untuk bertarung dalam Pilkada di Jakarta atau di Jawa Barat.

Surat tugas itu sudah lama diberikan kepada kurator Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut.

”Kan (Partai Golkar) sudah memberikan pesan kepada RK untuk di Jakarta atau di Jabar,” kata Airlangga.

Airlangga menyatakan bahwa di Jawa Barat, elektabilitas Ridwan Kamil sangat tinggi. Angkanya mencapai 52 persen.

Beberapa lembaga survei seperti Indikator Politik Indonesia dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) sudah merilis hasil survei terbaru untuk Pilkada Jawa Barat.

Ridwan Kamil juga ipasangkan dengan siapa pun, hasil survei menunjukkan bahwa gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu lebih unggul dari figur lainnya.

Baca juga: Litbang Kompas 41,8 Persen Warga Pertimbangkan Pilih Kaesang, Pengamat: Bisa Atasi Masalah Jakarta 

Sementara di jakarta, Litbang Kompas mencatat elektabilitas Ridwan berada dalam tiga besar. Dengan elektabilitas 8,5 persen, bersaing dengan Anies dan Ahok.

”Tentu di Jabar suaranya sudah lebih dari 52 persen. Tetapi, kami minta yang delapan persen itu dinaikan. Karena partai akan memutuskan apabila (hasil survei) sudah perlevel dengan calon-calon yang lain,” ujar Airlangga.

Dia sangat yakin waktu satu bulan cukup bagi Ridwan untuk mendongkrak elektabilitas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat