androidvodic.com

Danau Purun, Spot Wisata Ikonik di Pulau Seliu Membalong Belitung - News

News, BELITUNG - Belitung tidak hanya memiliki pantai-pantai eksotik berbatu indah, tapi punya spot ikonik di Pulau Seliu, yaitu hutan rawa purun atau Danau Purun.

Lokasi wisata Danau Purun ini terletak di Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sesuai namanya, destinasi wisata Danau Purun merupakan destinasi wisata berupa hamparan tanaman purun dengan luas 62 hektare.

Sejauh mata memandang, pengunjung akan menyaksikan hutan rawa purun berwarna hijau dan juga kecokelatan, persis seperti tanaman padi menjelang panen.

Purun adalah tanaman yang biasa tumbuh di air danau yang dangkal, memiliki akar serabut dan termasuk sebagai tumbuhan monokotil.

Purun dapat digunakan untuk membuat anyaman berupa tikar, bakul, topi. dan juga sedotan.

Di Belitung, masyarakat setempat memanfaatkan tanaman purun ini sebagai sedotan.

Bahkan sedotan purun dari Belitung ini sudah mendunia, pernah diperkenalkan dalam sidang PBB pada 2022.

Di hutan Purun Pulau Seliu ini wisatawan yang datang dapat melihat hutan purun dengan berjalan di atas dermaga sepanjang satu kilometer.

Dedi, Sekretaris Desa Pulau Seliu mengatakan wisata Belitung Danau Purun mulai populer pada tahun 2017/2018.

Jika Anda hendak berkunjung ke sini, sangat disarankan untuk menggunakan paket wisata yang telah disediakan Pokdarwis setempat.

Saat Anda menginjakkan kaki di dermaga Pulau Seliu, Anda akan dijemput rombongan Pokdarwis Pulau Seliu untuk menjajal destinasi wisata ini.

Tidak sendiri, Anda akan didampingi pemandu tur yang siap menemani setiap langkah Anda dan siap menjelaskan terkait wisata Danau Purun.

Di Danau Purun juga terdapat pohon gelam yang memiliki bentuk unik, seperti bentuk kursi yang bisa menjadi spot foto menarik selama Anda di sini.

Terkini Lainnya

  • Danau Purun di Pulau Seliu Belitung adalah rawa yang dipenuhi hamparan tanaman purun, bahan organik sedotan.

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat