androidvodic.com

Briptu Heri Harsono Dulunya Penyapu Koin Jembatan Sewoharjo Pantura Subang Jabar - News

News, SUBANG – Brigadir Satu (Briptu) Heri Harsono kini anggota Polsek Pusakanegara Polres Subang Polda Jabar.

Sebelum jadi anggota Polri, Heri Harsono pernah punya riwayat unik;  penyapu koin di Jembatan Sewoharjo, jalan raya nasional pantai utara Subang.

Warga Desa Karanganyar, Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang, mengaku sejak masih kelas tiga SD hingga kelas tiga SMP memilih turun ke jalan untuk menjadi penyapu uang koin dengan temannya.

"Waktu itu, kalau mau jajan, saya ikut menyapu uang koin di Jembatan Sewoharjo. Daripada minta uang kepada orangtua, saya memilih menyapu uang koin di sana. Kalau sudah dapat Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu, saya pulang untuk jajan," ujar Heri Harsono, Selasa (18/4/2023).

Nyapu uang koin akhir berhenti saat Heri masuk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karena merasa malu.

"Selain malu, saya juga berpikir tidak bisa begini saja, harus ada perubahan, apalagi ayah waktu itu sudah wafat, sehingga saya harus hidup bersama ibu dan membantu ibu" ucap Heri.

Setelah lulus SMK, dia dengan tekad yang kuat untuk mengubah nasib, memilih mendaftar sebagai anggota Polri dan lolos.

Briptu Heri kemudian dilantik sebagai anggota Polri pada 2017 silam dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

"Pertama kali bertugas, Heri mengaku dapat penugasannya di Polres Subang. dan kini bertugas sebagai anggota Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Pusakanagara," katanya

Saat musim mudik seperti sekarang, melihat para penyapu koin diatas Jembatan Sewoharjo membuat saya miris dan teringat masa lalu.

"Kalau dipikir-pikir sebenarnya sangat berisiko, panas, menyapu koin di atas Jembatan Sewoharjo, tapi mau gimana lagi karena mereka butuh uang di tengah sulitnya mencari pekerjaan,” kata Heri.

“Hal tersebut pernah saya alami langsung, akibat keterbatasan ekonomi, saya waktu kecil mau jajan harus nyapu koin dulu diatas Jembatan Sewoharjo," tuturnya 

Sebagai anggota Polri, di masa mudik sekarang ini ia mengimbau para penyapu koin agar tidak beraktivitas, karena sangat berbahaya dan mengganggu kelancaran arus mudik.

"Saat melakukan imbauan, saya pun suka teringat masa lalu kalau melakukan imbauan kepada penyapu uang koin di Jembatan Sewoharjo," ungkap Heri.

Terkini Lainnya

  • Polisi Bersahaja

  • Brigadir Satu Heri Harsono pernah jadi penyapu koin di Jembatan Sewoharjo jalur pantura Subang Jawa Barat. Kini ia anggota SPKT Polsek Pusakanagara.

  • Polisi Bersahaja

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat