androidvodic.com

Kepulauan Auru, Spot Diving Terkeren di Teluk Cenderawasih Papua Barat - News

News, MANOKWARI – Kabupaten Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat memiliki begitu banyak spot petualangan alam.

Satu di antaranya pulau-pulau di gugusan Kepulauan Auri, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Tempat ini bak "surga kecil" bagi para penyelam.

Terumbu karang di bawah laut Kepulauan Auri masih terjaga dan menjadi satu di antara spot diving terbaik dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC).

Selain itu, gugus Kepulauan Auri sebagian besar merupakan zona inti, zona pemanfaatan dan zona rehabilitasi kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

“Tridacna Atol merupakan zona inti TNTC yang perlu dijaga untuk mempertahankan habitat tempat ikan bereproduksi," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC), Supartono, kepada TribunPapuaBarat.com Tribun Network.

Wisatawan yang ingin menyelam di perairan Kepulauan Auri, BBTNTC menyarankan agar penyelaman dilakukan di koordinat 134.977421 dan -2.482812. Sebab, di koordinat itu terdapat kima.

Kima adalah biota moluska bertubuh lunak dan bercangkang yang masuk dalam kelas bivalvia. Umumnya disebut kelompok kerang-kerangan.

Kerang ini umumnya hidup di habitat terumbu karang dan berukuran besar serta berumur panjang.

Tak hanya kima, penyelam juga dapat menemukan hiu, penyu, dan scooling trevally.

Di Pulau Rouw yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Auri, ada dua bangkai pesawat tempur peninggalan Perang Dunia (PD) II di kedalaman 2-5 meter pada koordinat 134.75188 dan -2.151872.

Lalu di Barat Pulau Matas, penyelam dapat menjumpai scooling trevally, kakap merah (lutjanus gibbus), hiu, dan penyu.

Selain itu, di Kepulauan Auri, terdapat beberapa pulau yang dapat dilakukan aktivitas wisata seperti abaruki.

Di sana pengunjung dapat melakukan kegiatan antara lain berenang, menyelam, memancing, pengamatan lumba-lumba, burung, flora fauna daratan pulau dan menikmati matahari tenggelam (sunset).

Teluk Cenderawasih berada di tiga kabupaten yakni, Manokwari Selatan, Teluk Wondama, dan Nabire.

Terkini Lainnya

  • Kepulauan Auru di Kabupaten Teluk Wondama merupakan spot penyelaman terkeren di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih Provinsi Papua Barat.

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat