androidvodic.com

Bu Kepala Sekolah di Semarang ini Baik Hati, Sediakan Mobilnya Antar Jemput Murid - News

News, SEMARANG – Septina Ika Kadarsih, Kepala SDN Sugihan 03, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini bisa dibilang wujud predikat pahlawan tanpa tanda jasa.

Ia mengelola sekolah dasar di pelosok yang kini merupakan satu di antara sekolah di Kabupaten Semarang yang kekurangan murid karena letak geografisnya.

Pada masa pendaftaran tahun ajaran 2023 ini, siswa pendaftar atau calon murid di sana masih sebanyak enam orang.

Bahkan, pada 2022 lalu, sekolah yang hanya memiliki masing-masing satu ruangan tiap kelasnya tersebut tidak mendapatkan pendaftar sama sekali.

Septina Ika Kadarsih mengatakan, penyebab rendahnya minat orangtua menyekolahkan anaknya di sana yaitu letak sekolahan yang jauh dari permukiman.

Juga karena medan jalan yang rusak serta adanya pilihan sekolah lain, yaitu sekolah swasta.

“Lokasi sekolah kami berada di tengah sawah, ditambah akses jalan yang rusak, sehingga perlu ada upaya-upaya untuk mengatasi kekurangan tersebut,” ungkap Ika, sapaan akrabnya kepada Tribunjateng.com Tribun Network, Sabtu (10/6/2023).

Mobil Jemputan SDN Sugihan 03 Tengaran Semarang
Murid-murid SDN Sugihan 03 Tengaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah menyalami para guru dan kepala sekolah sebelum pulang di antar mobil milik Kepala Sekolah SN Sugihan 03 Septina Ika Kadarsih.

Sejumlah upaya yang dia lakukan untuk menarik lebih banyak pendaftar yaitu memberikan brosur, membagikan dua paket seragam (merah-putih dan pramuka) kepada warga-warga sekitar.

Tawaran lain yang Ika ungkapkan yaitu adanya penyediaan fasilitas mobil Suzuki Carry yang secara khusus dibeli untuk antar-jemput siswa.

Dia membeli mobil tersebut khusus untuk fasilitas sekolah. Mobil itu, lanjut Ika, dibeli menggunakan uang dari motor yang ia jual sebelumnya.

Ika mengaku merasa kasihan melihat para siswa sebelumnya berangkat-pulang sekolah berjalan kaki melewati persawahan ditambah jarak yang cukup jauh.

“Sebelumnya anak-anak pulang sekolah harus melewati persawahan yang kalau hujan itu berbahaya bagi mereka. Sedangkan jika tidak hujan, mereka malah main dulu di sawah sehingga mengkhawatirkan orangtua,” imbuh Ika.

Dari pantauan Tribunjateng.com Tribun Network, penjaga sekolah yang mengemudikan mobil antar-jemput itu harus melakukan dua kali perjalanan agar bisa mengakomodir seluruh siswa yang menumpang karena keterbatasan kapasitas.

Sebelum para peserta didik pulang dan bergegas menuju mobil, mereka menyalami dan berpamitan kepada para guru di sekolahan tersebut.

Para siswa cukup membayar Rp 2.000 dan akan diantarkan atau dijemput dari sekolah ke rumah atau sebaliknya.

Menurut Ika, satu di antara fasilitas tersebutlah yang bisa ditawarkan kepada para orangtua atau warga agar mereka bisa percaya dengan pihak sekolah dan merasa aman.(News/TribunJateng/Reza Gustav Pradana)

ARTIKEL INI JUGA TAYANG DI ; 

Baca Selanjutnya: Sosok septiana ika kepala sdn sugihan tengaran pakai mobil pribadi untuk antar jemput siswa

Terkini Lainnya

  • Septina Ika Kadarsih, Kepala SDN Sugihan 03, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menyediakan mobil Suzuki Carry untuk antar jemput murid.

  • Rudal F-16 Milik Tentara Zionis Gagal Meledak saat Ditembakkan ke Rumah Warga Palestina

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat