androidvodic.com

Bukit Sontiri Sabana Eksotik di Kampung Wisata Matatun Tambraw Papua Barat Daya - News

News, SORONG – Nun jauh di Kabupaten Tambrauw , Provinsi Papua Barat Daya, terdapat Kampung Matatun yang memiliki area wisata alam sabana mempesona.

Spot wisata menawan ini persisnya terletak di Distrik Kebar. Kampung Wisata Matatun terpilih sebagai satu di antara penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Event penghargaan ini diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kampung Matatun yang memiliki pemandian air panas Aremi dan Bukit Sontiri itu kini menjadi desa wisata binaan Kemenparekraf RI.

Piagam penghargaan itu langsung ditandatangi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta pada 31 Januari 2023.

Inisiator Desa Wisata Kampung Matatun, Kabupaten Tambrauw, Roberthus Yewen, menyebut piagam penghargaan itu bentuk dorongan dan motivasi.

Diharapkan, Kampung Matatun dapat terus membangun pariwisatanya.

“Sebagai desa wisata, Kampung Matatun punya pemandian air panas Aremi dan Bukit Sontiri. Dua destinasi wisata itu kita dorong mengikuti ADWI 2023,” kata Roberthus Yewen saat ditemui di Manokwari, Jumat (23/2/2023).

Menurut Yewen, desa wisata Kampung Matatun merupakan satu di antara kampung di Kabupaten Tambrauw yang pada 2023 didorong untuk mengikuti ADWI dari Kemenpakeraf RI.

Bukit Sontiri di Distrik Kebar Tambrauw
Anak-anak menghabiskan waktu bercengkerama di sabana Bukit Sontiri di Distrik Kebar, Tambrauw, Papua Barat Daya. Panorama di lokasi ni sangat menawan berlatar pegunungan indah di Papua Barat Daya dan Papua Barat.

“Dengan berbagai motivasi dan dukungan teman-teman komunitas dan anak-anak muda dari Lembah Kebar, serta kerja-kerja sukarela dari pemuda, kita dorong Kampung Matatun dalam ADWI tahun ini,” ujar Roberthus Yewen.

Menurutnya, untuk mendorong Kampung Matatun sebagai desa wisata 2023, tidak seinstan yang dibayangkan.

Dibutuhkan berbagai proses dan perjuangan yang disemangati dengan landasan kebersamaan dan kolaborasi dari berbagai pihak, terutama anak-anak muda dari Lembah Kebar, Kabupaten Tambrauw.

“Ada beberapa proses yang kami siapkan seperti pembuatan akun Instagram @pesonalembahkebar dan Facebook @pacetambrauw yang kami fokuskan untuk mempromosikan pariwisata di Lembah Kebar dan cerita-cerita di kampung," kata Roberthus Yewen.

Prioritas dua akun media sosial itu, ucapnya, untuk mempromosikan pemandian air panas Aremi dan Bukit Sontiri yang menjadi destinasi wisata di wilayah Lembah Kebar.

Kepala Kampung Matatun, Viktor Melvin Ajoi, optimistis untuk mendorong pemandian air panas Aremi dan Bukit Sontiri sebagai destinasi wisata yang ada di Kampung Matatun.

“Kami ikut mendorong potensi wisata yang ada di Kampung Matatun, yakni air panas Aremi dan Bukit Sontiri untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023,” katanya.(News/TribunPapuaBarat/Libertus Manik Allo)

ARTIKEL INI JUGA TAYANG DI ; 

Baca Selanjutnya: Kampung matatun tambrauw sandang desa wisata indonesia dua destinasi jadi andalan

Terkini Lainnya

  • Kampung Matatun di Tambrauw memiliki pemandian air panas Aremi dan Bukit Sontiri kini menjadi desa wisata binaan Kemenparekraf RI.

  • AHY Mencoblos di TPS 101 Cipete Bersama Annisa Pohan, Sempat Sapa dan Beri Semangat KPPS

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat