androidvodic.com

Sate Blengong, Kuliner Khas Sate Tegal Jateng yang Rekomended - News

News, SLAWI – Kuliner Tegal satu di antaranya identik dengan sate kambing batibul atau balibul.

Tapi masih ada satu lagi kuliner khas sate di kabupaten di Jawa Tengah ini, yaitu sate blengong. Blengong adalah unggas persilangan bebek dengan entok.

Jika biasanya sate blengong dipadukan ketupat sayur dan lebih dikenal makanan khas Kabupaten Brebes, tapi di Kabupaten Tegal ada sate blengong yang dimasak atau diolah secara berbeda.

Warung Monggo Mas Nyate atau Warung Sate Mba Yati, menyajikan menu olahan blengong mulai dari sate, gulai (gule), dan sop blengong.

Warung ini terletak di persawahan Tegal Andong, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Sumiyati atau kerap disapa Yati, sang pemilik warung bercerita, warung sate miliknya buka sejak 2017 lalu dan terus berkembang hingga saat ini.

Alasan memilih daging blengong untuk dijadikan sate dari pada yang lainnya, Yati mengaku karena di daerah Kabupaten Tegal sate blengong masih jarang ditemukan.

Sehingga Yati berinisiatif menghadirkan menu sate blengong tersebut, sampai akhirnya banyak disukai oleh konsumen dan menjadi menu andalan di warung makan miliknya.

"Sebenarnya kalau dilihat dari tekstur, bentuk, dan penampakan ketika proses pembakaran ya sama seperti sate kambing pada umumnya,” jelasnya.

Tapi ketika dimakan, sesuai penuturan dari beberapa pelanggan sate blengong tidak membuat pusing.

Karena menurutnya kadang ada yang habis makan sate kemudian jadi merasa pusing.

“Selain itu daging blengong lebih empuk dan ukuran sate potongannya lumayan besar," jelas Yati, pada Tribunjateng.com, Jumat (30/6/2023).

Tampak lebih dekat wujud sate blengong saat sedang dibakar oleh salah satu karyawan di warung makan Monggo Mas Nyate milik Yati.

Yati mengatakan, keahlian dalam mengolah daging blengong dia belajar sendiri tanpa melihat atau berguru pada orang lain.

Terkini Lainnya

  • Sate blengong jadi satu di antara kuliner khas Tegal Jateng. Blengong adalah unggas persilangan bebek dengan entok.

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat