androidvodic.com

Peringatan 100 Tahun Gontor, Puluhan Ribu Alumni Tandatangani Petisi Kedamaian-Persatuan Indonesia - News

News - Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menggelar acara peringatan 100 berdirinya Ponpes Gontor pada Minggu (22/10/2023).

Acara yang mengabil tempat di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat ini, dihadiri puluhan ribu peserta.

Gelaran dimeriahkan dengan agenda tajammu' (silaturahmi) dan jalan sehat yang merupakan bagian dari rentetan dari acara Tasyakuran Peringatan 100 Tahun Gontor.

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal menjelaskan, acara tersebut bertujuan untuk mewujudkan kedamaian dan persatuan Indonesia.

Hal tersebut diwujudkan dengan adanya penandatanganan Petisi Kedamaian dan Persatuan Indonesia yang ditandatangani oleh puluhan ribu alumni dan simpatisan Gontor.

KH Hasan dalam kesemaptannya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena Gontor telah berjuang bersama dan untuk Indonesia selama 100 tahun.

Baca juga: Hadiri Peringatan 100 Tahun Pondok Gontor, HNW: Harmoni Islam dan Negara harus Terus Dijaga

"Oh pondokku, engkau berjasa pada ibuku Indonesia. 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor merawat kedamaian untuk persatuan Indonesia," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima News.

KH Hasanmengungkapkan dirinya amat bersyukur, karena Gontor telah berjuang bersama dan untuk Indonesia dari zaman penjajahan, kemerdekaan, orde lama, orde baru, hingga era modern seperti sekarang.

"Alhamdulillah kita tetap eksis, berjalan dengan al muhafazotu alal qiyam, wa tagyir ilal kamal, atau tetap menjaga pada nilai-nilai yang telah ada, dan mengadakan perkembangan dan pengembangan menuju kesempurnaan," ujarnya.

Selain itu, KH Hasan menyebutkan peristiwa peringatan 100 Tahun Gontor menjadi terasa lebih spesial, di mana cita-cita Trimurti (tiga pendiri Gontor) untuk mendirikan 1.000 Gontor di Indonesia telah tercapai.

Hal tersebut diwujudkan melalui para alumni Gontor yang telah mendirikan Pondok Pesantren (Ponpes), yang juga melahirkan alumni yang mendirikan Ponpes lainnya.

"Melalui jalan yang sedemikian rupa, hari ini kita bersyukur bisa bertemu dengan anak dan cucu Gontor dalam keadaan sehat. Mudah-mudahan kita tidak lupa caranya bersyukur, dan tetap pandai untuk bersyukur," tutur KH Hasan.

Baca juga: HNW Ajak Pesantren Alumni Gontor Untuk Lanjutkan Berkontribusi Membela Umat, Bangsa dan Negara

Informasi tambahan, Acara Tajammu' dan Jalan Sehat diadakan di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga selesai pada sekitar pukul 11.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 65 ribu alumni dan simpatisan Gontor yang berasal dari sejumlah daerah di Jabodetabek dan sekitarnya.

Angka tersebut jauh melebihi prakiraan awal peserta yang hadir, di mana pada awalnya diprakirakan peserta yang hadir hanya sekitar 10 ribu peserta.

Terkini Lainnya

  • Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menggelar acara peringatan 100 berdirinya Ponpes Gontor pada Minggu (22/10/2022).

  • AHY Mencoblos di TPS 101 Cipete Bersama Annisa Pohan, Sempat Sapa dan Beri Semangat KPPS

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat