androidvodic.com

Karnaval Budaya Tampilkan Ondel-ondel Hingga Tari Tor-tor - News

Laporan wartawan News : Adi Suhendi

News, JAKARTA- Karnaval Budaya Nusantara dan Festival Kebhinekaan yang digelar Sabtu (23/6/2012) di Jakarta berlangsung meriah. Warga bisa melihat baju adat berbagai daerah seperti Dayak, Jawa, Batak, Betawi, dan lain sebagainya.

Peserta karnaval pun tampak mengular berjalan selangkah demi selangkah dari Monas menuju Bunderan Hotel Indonesia. Sesekali dalam perjalanan para peserta karnaval menunjukkan tari-tarian adat, terrmasuk tari tor-tor dengan alunan musiknya yang khas.

Dua ondel-ondel pun ditempatkan di posisi paling depan, sebagai simbol budaya betawi. Tidak hanya itu barongsai pun turut memeriahkan karnaval tersebut dengan tabuhan gendang dan atraksi barongsai.

Acara ini diikuti ratusan orang yang menampilkan berbagai pakaian adat, selain itu sebagai pengiring di belakangnya sejumlah massa yang mengenakan pakaiaan kotak-kotak khas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Jokowi-Ahok mengiringi karnaval budaya ini.

Karnaval Budaya Nusantara dan Festival Kebhinekaan ini digelar dalam rangka HUT DKI Jakarta. Dari undangan yang diterima News, acara ini dimulai pukul 08:30-11:00 WIB.

Pada acara ini ditampilkan parade budaya nusantara antara lain Betawi, Jawa, NTT, Papua, Dayak, Tionghoa, Padang, Batak, dan lain. Serta dimeriahkan oleh parade relawan Kotak-kotak.

"Jakarta Baru mesti menjadi rumah bersama bagi semua anak bangsa dari berbagai latar belakang agama dan budaya. Jakarta adalah miniatur Indonesia. Kebhinekaan adalah jatidiri atauidentitas bangsa Indonesia. Mari wujudkan Jakarta Baru yang humanis dan beradab," tulis Penanggung Jawab acara, Stefanus Gusma dalam undangannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat