androidvodic.com

Sambut HUT Jakarta, Pemprov DKI Gelar Jakarnaval 2014 - News

News, JAKARTA – Menyambut hari jadi Ibu Kota Jakarta ke-487, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mengelar acara Jakarta Karnaval (Jakarnaval) pada Minggu 22 Juni 2014 pukul 15.00 WIB.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman mengatakan Jakarnaval menampilkan beberapa karya dari komunitas seni di Jakarta, balai latihan kesenian, Suku Dinas Pariwisata dan Suku Dinas Kebudayaan serta Kepulauan Seribu.

Mereka akan menampilkan karya garapan baru topeng betawi dan nusantara, ogoh ogoh raksasa nusantara, serta grup seni topeng dari lima daerah dan kreatifitas dari mobil hias bertema Topeng Nusantara.

"Diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 800 peserta pawai budaya dan 30 mobil hias," kata Arie kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/5/2014).

Dirinya menjelaskan, tema yang akan diambil oleh panitia tahun ini adalah keajaiban topeng nusantara, berbeda dengan Jakarnaval tahun lalu yang mengambil tema keajaiban ondel-ondel. Diharapkan penampilan peserta tahun ini akan memikat warga dan wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Sementara itu Kepala Bidang Daya Tarik Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ida Subaida mengatakan, setiap tahunnya Jakarnaval mengusung tema berbeda. Tahun lalu, Jakarnaval bertema "Keajaiban Ondel".

Dirinya mengatakan, Jakarnaval sudah berlangsung sejak tahun 2001. Hanya saja, dulu hanya menampilkan andong hias dan karnaval yang tidak teratur. Semenjak zaman Gubernur Joko Widodo, Jakarnaval selalu mengusung tema originilitas Jakarta. Dan topeng, salah satu kebudayaan nusantara.

"Kami selalu mengangkat budaya Indonesia agar tidak diambil orang," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat