androidvodic.com

Sampah Bekas Perayaan HUT DKI 'Hanya' 24 Ton - News

Laporan Wartawan Warta Kota, Bintang Pradewo

News, JAKARTA -- Dalam kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-487 DKI Jakarta seperti Jakarta Night Festival dan Jakarnaval 2014 menyisakan puluhan ton sampah. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta jumlah sampah dari kedua event tersebut mencapai 24 ton sampah.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Saptastri Edinigtyas Kusumadewi mengatakan, sisa sampah perayaan JNF kali ini lebih sedikit dibandingan dengan peryaan sebelumnya. Pasalnya pada pergelaran tahun 2013 lalu mencapai 150 ton.

"Untuk JNF 2014 ada 20 ton (90 meter kubik) dan untuk Jakarnaval 2014 ada 4 ton (18m3). Sampah perayaan HUT kali ini ngga sebanyak tahun lalu karena masyarakat tidak banyak membawa sampah dan membawa kembali sampahnya, umumnya botol kemasan air minum," kata Saptastri.

Selain budaya dari masyarakat yang lebih tertib dengan tidak membuang sampah sembarangan, kata dia, pemulung juga ikut membantu mengambil sampah botol plastik. Sehingga, dari perayaan itu bisa membantu memberikan rejeki kepada para pemulung.

"Tapi tahun ini masyarakat yang hadir di JNF tahun ini tidak sebanyak tahun lalu," tuturnya.

Kemudian wanita yang akrab disapa Tyas itu mengatakan pihaknya juga telah menyediakan banyak tempat sampah pada perayaan JNF. Setidaknya setiap jarak 50 meter disediakan tempat sampah. Ratusan petugas kebersihan juga disiapkan dalam perayaan HUT DKI itu.

"Setiap pangung dan setiap 50 meter sepanjang lokasi acara disediakan tempat sampah, hampir semuanya penuh. Kami juga mempersiapkan 600 petugas kebersihan," tutupnya.


Terkini Lainnya

Tautan Sahabat