androidvodic.com

Jokowi: Pelabuhan Kalibaru Jadi Contoh Pelabuhan Lain - News

News, JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo mengungkapkan pihaknya akan menjadikan Pelabuhan Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta Utara contoh bagi pelabuhan-pelabuhan lain di wilayah di Indonesia, terutama mengenai efisiensi.

"Karena dari sini dimulai efisiensi biaya transportasi, efisienisi yang membebani harga barang, dimulai dari sini. Begitu disini tidak efisien, beban harga tinggi, harga lain pasti akan naik," ujar Joko Widodo atau sapaan akrabnya Jokowi usai memantau proses pembangunan Pelabuhan, Selasa (23/9/2014).

Jokowi mengatakan, dengan penambahan kapasitas tersebut bisa menekan biaya operasional. Sebab, dwelling time kapal yang bersandar di dermaga bisa dikurangi waktunya.

"Sehingga biaya kapalnya jadi lebih murah, tentu saja harga-harga yang lewat jadi lebih murah," ucap Jokowi.

Selain masalah dwelling time, mantan Walikota Surakarta ini juga mengatakan masih ada masalah lain yang perlu diselesaikan, yaitu masalah pengurusan dokumen-dokumen yang dinilai menghambat operasional kapal.

"Memang problemnya bukan di pelabuhannya, tapi dokumen-dokumennya, ngurus dokumen ini ada yang dua minggu, ngurus dokumen ini ada yang 10 hari. Itu yang harus dibenahi, bukan di pelabuhannya," kata Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat