androidvodic.com

Polisi Bekuk Sindikat Penipuan Pejabat - News

News, JAKARTA -  Sindikat penipuan yang mengaku pejabat memanfaatkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk mencari korbannya.

Pelaku mengunduh data LPSE untuk melihat pemenang lelang pengadaan barang di instansi pemerintahan.

"Caranya, mereka melakukan googling di internet ada namanya layanan pengadaan secara elektronik atau LPSE. Setelah di-download ada pemenang lelang seluruh Indonesia," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herry Herryawan di Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Setelah diunduh, terlihat siapa pemenang lelang dan di instansi pemerintahan mana. Kemudian pelaku mencari nama pejabat pemerintahan yang meloloskan lelang perusahaan tersebut.

"Mereka menghubungi 108 menanyakan alamat kantor, kuasa pemegang anggaran dan kepala dinas dan ajudan. Setelah itu mereka berpura-pura sebagai pejabat dan menghubungi pemenang lelang," kata Herry.

Dalam aksinya, mereka hanya meminta para pemenang lelang untuk mengirim sejumlah uang ke rekening pejabat palsu. Jumlah tersebut tidak ditentukan dan untuk memperlancar proses lelang.

"Jumlahnya misalnya dua persen dari Rp 20 milliar. Itu kan besar juga," kata Herry yang menyebut penipuan tersebut berlangsung selama tiga tahun.

Penulis : Kahfi Dirga Cahya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat