androidvodic.com

Cak Imin Hadiri Tradisi Pesta Laut ''Nadran'' Nelayan Kali Adem di Muara Angke - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin melepas peserta pesta laut "Nadran" yang berjumlah 700 nelayan Kali Adem di Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara pada Kamis (19/4/2018), pukul 09.00 WIB.

"Hari ini saya ikut berbangga berbahagia, diajak tradisi yang namanya pesta laut Nadran ini," ucap Cak Imin dalam sambutannya.

Di tradisi pesta laut itu, Cak Imin ikut menaiki kapal nelayan untuk menyaksikan pelarungan kapal sesaji yang akan diperebutkan.

"Tadi menyaksikan sedekah laut, masyarakat berenang-renang dengan senang, melempar sedekah ke laut," katanya.

Menurutnya tradisi pesta laut ini merupakan kumpulan dari sedekah yang diberikan masyarakat nelayan untuk menjaga tradisi kepercayaan dengan budaya, sekaligus sebagai hantaran doa-doa untuk kesejahteraan nelayan Indonesia.

"Di DKI Jakarta ternyata masih ada tradisi seperti ini, dan ada komunitas yang masih harus diperhatikan oleh pemprov DKI, dan pemerintah pusat," ujar Ketua Umum PKB itu.

Cak Imin berharap daerah seperti kampung nelayan Kali Adem ini dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata, agar kawasan tersebut menjadi wilayah yang lebih modern untuk mendorong ekonomi masyarakat sekaligus mempertahankan salah satu tradisi yang masih tersisa dipinggiran kota Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat