androidvodic.com

Pemkot Tangerang Akan Hadirkan Bus Wisata Pelesir Kota - News

Laporan Reporter Warta Kota, Andika Panduwinata

News, TANGERANG - Saat ini sejumlah kota besar di Indonesia mulai  menjalankan kegiatan city tour menggunakan moda bus sebagai atraksi wisata untuk menarik minat masyarakat. Misalnya seperti dijalankan oleh Pemerintah Kota Semarang dan Solo. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan, juga akan mengikuti jejak tersebut dengan menghadirkan bus wisata menawarkan kesempatan warga menikmati keindahan berbagai sudut kota Tangerang dari atas bus.

Kota Tangerang dinilai memiliki berbagai spot wisata yang lumayan lengkap dan layak ditawarkan kepada masyarakat. Mulai dari taman kota, wisata sejarah dan juga wisata religi serta wisata belanja.

Baca: Polisi Tangkap Spesialis Jambret di Kawasan Cikarang Selatan

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di sela kunjungannya ke Terminal Poris Plawad menyatakan, pihaknya akan memanfaatkan armada  bus Trans Tangerang yang sudah tidak beroperasi lagi menjadi bus wisata.

"Jadi ini bus Trans Tangerang yang hampir dua tahun tidak digunakan, karena dulu rutenya Tangerang - Kalideres dan berakhir di Taman Anggrek. Tapi karena ada peraturan Gubernur DKI yang membatasi rutenya cuma sampai Kalideres sehingga pengelolanya (DAMRI) berkebaratan untuk mengoperasikan," ujar Arief saat dijumpai Warta Kota di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Senin (2/7/2018).

"Kami akan mengoptimalkan bus ini menjadi bus wisata dan ada kemungkinan juga sebagain dijadikan bus pelajar," kata dia.

Untuk rutenya nanti, Arief menjelaskan bus wisata nanti akan melayani pengunjung dengan rute dari Taman Potret-Taman Gajah-Kampung Berkelir-Masjid Agung-Jembatan Berendeng dan lanjut ke Masjid Al Azhom.

Baca: Tjahjo Kumolo: Meski Terjerat Kasus Hukum, Kepala Daerah yang Menang Pilkada Tetap Bisa Dilantik

"Kemudian balik lagi ke Taman Potret," kata Arief.

Ia berharap bus wisata tersebut bisa segera dioperasikan. Dan dapat semakin menambah daya tarik wisata Kota Tangerang.

"Kita tunggulah tanggal mainnya," ungkapnya.

Data Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang menunjukkan angka kunjungan wisatawan di wilayah ini naik 20 persen.

"Hingga Mei 2018 sudah ada sebanyak 443.153 wisatawan yang berkunjung dan ini akan terus bertambah, sedangkan tahun 2017 total ada 1.088.747," papar Kabid Pariwisata Kota Tangerang, Rizal Ridholloh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat