androidvodic.com

Wakil Ketua DPRD Dukung Penuh Rencana Anies Buatkan Saringan Raksasa di 13 Sungai Ibu Kota - News

News, JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana dukung penuh program Gubernur DKI Anies Baswedan yang akan membuat saringan raksasa pada 13 sungai yang mengalir di Ibu Kota.

Pria yang akrab disapa Sani itu menilai saringan raksasa memang diperlukan untuk menjaring sampah-sampah berukuran raksasa yang biasa menyangkut dan menghambat aliran sungai di pintu air Manggarai. Seperti kasur, potongan-potongan kayu dan sampah besar lainnya.

"kita mendukung semacam saringan atau filter yang dilakukan di hulu agar sampah-sampah itu tidak terbawa sampai ke dalam kota apalagi kemudian ikut di laut Jakarta," sebut Sani di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).

Lebih lanjut, Sani menerangkan dengan adanya saringan raksasa akan memudahkan penyaringan sampah ukuran besar itu. Ditambah, kerjasama serupa antar kota-kota yang berdekatan dengan Ibu Kota juga dibutuhkan agar tak ada pihak yang saling menyalahkan.

"Jadi perlu satu mekanisme yang dilakukan bersama antara DKI dengan wilayah-wilayah tetangganya. Supaya tidak saling menyalahkan, tetapi saling menopang saling mendukung" ujarnya.

Baca: Sidang Penuntutan Sadikin Ditunda Hingga 6 kali, LBH Masyarakat Layangkan Somasi ke Jaksa Agung

Gagasan pembuatan saringan raksasa itu, lanjut Sani, juga harus ditopang dengan kedisiplinan warga di wilayah sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

"Nah DKI punya gagasan melakukan saringan sungai nah kemudian juga wilayah wilayah yang lain termasuk di DKI sendiri itu tidak bisa membuang sampahnya ke sungai," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat