androidvodic.com

Jembatan Hutan Taman Kota di Jakarta Yang Roboh Diduga Karena Tali Seling Penyanggah Putus - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Markas besar Kepolisian RI mengungkapkan dugaan penyebab robohnya jembatan hutan taman kota di Kemayoran, Jakarta Utara pada Minggu (23/12/2019) kemarin.

Dugaan sementara, jembatan yang tak lama diresmikan itu roboh lantaran tali seling penyanggah putus.

Namun, Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, kepolisian RI masih mendalami penyebab pasti robohnya jembatan tersebut. Saat ini penyelidikan masih dilakukan oleh Polres Jakarta Utara.

Baca: Selamatkan Diri dari Sambaran Kereta, Dua Emak Ini Nekat Loncat dari Jembatan

"Sementara diduga roboh karena tiang seling penyangga jembatan terlepas dari tanah. Saat ini pihak kepolisian Polda Metro Jaya khususnya Polres Metro Jakarta Utara sedang lakukan penyelidikaemganai sebab terjadinya insiden ini," kata Asep di Gedung Humas Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Hingga saat ini, Asep menyebutkan, aparat telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus tersebut. Beberapa yang diperiksa ialah pekerja proyek pembangunan jembatan hingga pihak perencana.

"Dua orang saksi yang sudah diperiksa dari pekerja maupun perencana," ungkap Asep.

Baca: Pria yang Hendak Terjun ke Sungai Serayu Diamankan Warga

Lebih lanjut, Asep menambahkan, kepolisian juga bekerja sama dengan sejumlah stake holder untuk mengusut kasus tersebut. Salah satunya juga melibatkan para ahli untuk mengetahui secara pasti robohnya jembatan tersebut guna mengetahui pasti penyebabnya.

"Kita akan bekerjasama dengan ahli untuk menyimpulkan apa yang menjadi penyebab utama dari insiden tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, baru sehari diresmikan oleh Kementerian Sekretariat Negara, jembatan yang berada di Hutan Kota Kemayoran yang menghabiskan dana sebesar 5 miliar rupiah, ambruk.

Akibat roboh atau ambruknya jembatan Hutan Kota Kemayoran yang berada di Jalan Benyamin Sueb, Pademangan,Jakarta Utara pada Minggu siang ditutup sementara untuk umum.

Baca: Selamatkan Diri dari Sambaran Kereta, Dua Emak Ini Nekat Loncat dari Jembatan

Menurut keterangan warga, saat robohnya jembatan, Hutan Kota Kemayoran sedang ramai pengunjung. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sebelum ambruk, jembatan dengan ornamen warna kuning ini menjadi bagian dari pusat penghijauan terbaru di Jakarta, Yakni Hutan Kota Kemayoran atau Hutan Kemayoran. Ambruknya jembatan ini menarik perhatian pengunjung.

Peresmian hutan seluas 22,3 hektar pada Sabtu kemarin ini, dihadiri oleh Ketua Pusat Pengelola Kompleks Kemayoran, beserta Walikota Jakarta Utara, jajaran Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Sekretaris Negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat