androidvodic.com

Langkah Rekind Buat Sumur Resapan Mampu Kurangi Risiko Genangan Air di Jakarta - News

News, JAKARTA -  Perusahaan Engineering, Procurement, Construction and Commisioning (EPCC) nasional, PT Rekayasa Industri (Rekind) ambil bagian dalam mengurangi meluasnya bencana banjir di Jakarta, khususnya di wilayah Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan.

Upaya yang dilakukan Rekind melalui pengembangan program drainase yang dirintis sejak tahun 2017.

Langkahnya dengan membangun saluran air tambahan dan menciptakan titik-titik sumur resapan di wilayah RW 08, Kalibata.

Daerah ini sebelumnya dikenal rawan banjir, terutama di sekitar lingkungan Kantor Kelurahan Kalibata.

Melalui kerjasama yang dibangun antara Kelurahan Kalibata dan Tim CSR PKBL Rekind 3 tahun belakangan, mampu mengurangi risiko meningkatnya genangan air.

Air bisa surut dalam hitungan menit, padahal sebelum ada program ini, air bisa menggenang hingga berhari-hari.

Selain, mempersempit cakupan wilayah banjir, program ini juga mampu mengurangi jumlah korban akibat banjir.

Saat ini korban banjir di wilayah RW 08 tercatat 80 Kepala Keluarga (KK), padahal sebelum adanya program kerjasama ini, jumlahnya jauh lebih banyak.

"Untuk itu, program-program seperti ini akan terus kami pertahankan, bahkan mungkin diperluas lagi. Tidak hanya di Kalibata, tapi juga di wilayah Jabodetabek lainnya," tegas Direktur Utama Rekind Yanuar Budinorman usai pemberian bantuan bagi korban banjir di 3 RW Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/1/2019).

Selain membangun saluran air dan sumur resapan, Rekind juga mengembangkan program-program bina lingkungan lainnya, seperti menciptakan saluran air bersih dan membuat bak penampungan sampah yang bisa diolah menjadi pupuk organik untuk dimanfaatkan masyarakat.

"Semua program ini merupakan bentuk tanggungjawab dan pengabdian kami kepada masyarakat yang harus terus dikembangkan dan diwujudkan lebih inovatif lagi, " tambah Yanuar Budinorman.

Maman Sumarman, Lurah Kalibata, mengapresiasi positif kegiatan yang dikembangkan Rekind melalui program CSR PKBL-nya. Dampak positifnya, diakui mantan Lurah Pancoran ini sangat dirasakan betul oleh masyarakat.

Bantuan untuk Korban Banjir

Selain menciptakan program-program yang berkelanjutan dan inovatif, Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia ini juga menyalurkan bantuan bagi korban banjir di tiga RW Kelurahan Kalibata, yakni RW 05, RW 08 dan RW 09.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat