androidvodic.com

Ciptakan Integrasi Antarmoda di Wilayah DKI Jakarta, PT KAI Tata Ulang 4 Stasiun, Begini Konsepnya - News

News - Turut mendukung program pemerintah dalam menciptakan kawasan integrasi antarmoda di wilayah DKI Jakarta, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI melakukan penataan ulang empat stasiun di Jakarta.

Menurut keterangan tertulis yang diterima News, Minggu (1/3/2020), EVP 1 PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menyebutkan, penataan ulang stasiun ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan aset milik PT KAI.

Tak hanya itu, PT KAI juga melakukan penataan ulang alur penumpang dari dan menuju stasiun.

Baca: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Rampung Akhir 2021

Sebelumnya, pihak PT KAI telah menandatangani 'Perjanjian Penataan Stasiun Terintegrasi antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero)' pada 10 Januari 2020 lalu.

Kini, bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta (Perseroda), PT KAI mulai melakukan sejumlah proses kegiatan bersama di empat stasiun yakni Tanah Abang, Juanda, Sudirman dan Pasar Senen.

1. Stasiun Tanah Abang

Kereta Commuter Line menunggu berangkat di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.
Kereta Commuter Line menunggu berangkat di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. (TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN)

Dadan memaparkan, kawasan integrasi Stasiun Tanah Abang akan menggunakan pemanfaatan lahan milik PT KAI seluas 3.578 meter persegi. 

Nantinya, pada lahan yang terletak d idepan hall bawah stasiun, yaitu arah Jalan Jatibaru, akan terdapat beberapa fasilitas yang dihadirkan.

Baca: Demi Mudahkan Akses ke Bandara YIA, Kereta yang Berhenti di Stasiun Wojo Direncanakan Ditambah

Fasilitas tersebut di antaranya seperti penurunan dan pengambilan penumpang (drop off-pick up) ojek online (ojol), area parkir sementara untuk ojek pangkalan, tempat pemberhentian sementara (lay-by) bajaj, plaza pedestrian untuk pejalan kaki, halte Bus Transjakarta sebagai fasilitas integrasi, serta perlengkapan transit.

2. Stasiun Sudirman

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta melintasi Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta melintasi Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Sementara itu, untuk kawasan Stasiun Sudirman, PT KAI akan melakukan penataan ulang hall keluar-masuk penumpang melalui perpanjangan area hall .

Perpanjangan area hall nantinya akan mengarahkan penumpang untuk lebih mudah menuju area pedestrian.

Kemudian, penumpang akan diarahkan menuju moda lanjutan seperti MRT, KA Bandara Railink, Transjakarta, hingga area ojol dan ojek pangkalan yang saat ini sedang dilakukan proses penataannya bersama Pemprov DKI dan MRT.

3. Stasiun Pasar Senen

Suasana Stasiun Pasar Senen menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.
Suasana Stasiun Pasar Senen menjelang Natal dan Tahun Baru 2020. (TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat