androidvodic.com

Masih Jadi RSD Covid-19, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Belum Bisa untuk Laga Olahraga - News

News, BEKASI - Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi sejak beberapa bulan terakhir menjadi Rumah Sakit Darurat khusus isolasi pasien positif Covid-19.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menegaskan sejauh ini pihaknya belum mengizinkan masyarakat umum memanfaatkan fasilitas olahraga di stadion.

"Belum untuk umum, baru buat aparatur aja berolahraga, karena kita kan ada jadwal tuh setiap Senin dan Jumat," kata Tri, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Satu-satunya Zona Merah Covid-19 di Jawa Barat, Dinas Kota Bekasi Jawab Karena Swab Test Makin Masif

Kegiatan olahraga untuk aparatur di Stadion Patriot, kata dia, hanya sebatas lari di area jogging track.

Tidak menggunakan area utama lapangan sepak bola.

"Track larinya saja, kalau yang dimanfaatkan untuk ruangan isolasi kan di beberapa ruangan bangunan stadion," terang Tri.

Tri menambahkan, untuk masyarakat atau komunitas klub sepak bola profesional maupun amatir juga belum dapat menyewa Stadion Patriot selama masih digunakan sebagai fasilitas isolasi.

Terlebih Kota Bekasi masih menerapkan kebijalan adaptasi tatanan hidup baru (ATHB) pengganti kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

Petugas memasukkan tempat sampah ke ruang isolasi mandiri Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Sebanyak 57 tempat tidur telah disiapkan Pemkot Bekasi di rumah sakit darurat (RSD) tersebut sebagai tempat untuk isolasi mandiri pasien Covid-19. Tribunnews/Jeprima
Petugas memasukkan tempat sampah ke ruang isolasi mandiri Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Sebanyak 57 tempat tidur telah disiapkan Pemkot Bekasi di rumah sakit darurat (RSD) tersebut sebagai tempat untuk isolasi mandiri pasien Covid-19. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Dalam kebijakan itu, terdapat sejumlah aturan yang membatasi kegiatan masyarakat seperti berkerumun, termasuk tidak digelarnya kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (CFD).

"Ada ketentuannya, orang liga saja belum dibuka kan, jadi saya kira kita akan mengikuti proses yang ada saja," tegas dia.

Adapun kapasitas penampungan isolasi yang dapat digunakan di RS Darurat Stadion Patriot sebanyak 55 tempat tidur.

Pemkot Bekasi memproyeksi, ke depannya RS Darurat Stadion Patriot dapat menampung 100 kapasitas ruang rawat isolasi untuk pasien Covid-19.

Aktivitas pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) saat menjalani isolasi mandiri di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Sebanyak 57 tempat tidur telah disiapkan Pemkot Bekasi di rumah sakit darurat (RSD) tersebut sebagai tempat untuk isolasi mandiri pasien Covid-19. Tribunnews/Jeprima
Aktivitas pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) saat menjalani isolasi mandiri di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Sebanyak 57 tempat tidur telah disiapkan Pemkot Bekasi di rumah sakit darurat (RSD) tersebut sebagai tempat untuk isolasi mandiri pasien Covid-19. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Terdapat sekitar beberapa ruangan di area Stadion Patriot yang disulap menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Ruangan yang digunakan di antaranya, ruang rapat, gudang peralatan, ruang pengurus dan beberapa ruang lain di area Gate 13.

Setiap ruangan memiliki kapasitas tempat tidur bervariasi, ada yang terdiri dari tiga hingga delapan tempat tidur yang disekat menggunakan tirai.

Fasilitas di dalam ruang rawat isolasi memiliki standar seperti di rumah sakit pada umum, mulai dari pendingin ruangan, hepafilter dan tabung oksigen.

Selain itu, rumah sakit darurat Stadion Patriot juga memiliki ruangan IGD (instalasi gawat darurat) serta, ruangan khusus perawat.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Jadi RS Darurat Covid-19, Stadion Patriot Bekasi Belum Bisa Gelar Laga Sepak Bola, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat