androidvodic.com

Usai Libur Tahun Baru 2021, 323 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, sebanyak 322.764 kendaraan mulai kembali ke Jakarta pada 2-3 Januari 2021 atau pada periode libur Tahun Baru 2021.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, jumlah tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol (GT) utama.

Baca juga: Arus Balik Liburan Natal dan Tahun Baru 2021, Tol Palikanci Macet di KM 190, Tol Cikampek Lancar

"Angka ini merupakan jumlah kendaraan yang melewati GT Cikupa (arah barat), GT Ciawi (arah selatan) dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama (arah timur)," ucap Heru dalam keterangannya, Senin (4/1/2021).

Heru juga menyebutkan, total volume lalu lintas yang menuju Jakarta ini meningkat 5,2 persen jika dibandingkan dengan kondisi normal.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Selasa, 5 Januari 2021: 26 Daerah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir/Angin

"Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 55,3 persen dari arah Timur, 25,9 persen dari arah Barat, dan 18,8 persen dari arah Selatan," ujar Heru.

Ia juga menjelaskan, kendaraan dari arah Timur atau GT Cikampek Utama 2 menuju Jakarta tercatat sebanyak 108.181 kendaraan dan jumlah tersebut naik sebesar 47,4 persen dari lalin new normal.

"Kemudian pada GT Kalihurip Utama 2 jumlah kendaraan yang ke Jakarta tercatat sebanyak 70.298 kendaraan atau turun sebesar 8,4 persen dari lalu lintas normal," ujar Heru.

"Sementara itu total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur sebanyak 178.479 kendaraan atau naik sebesar 18,9 persen dari kondisi normal," lanjutnya.

Sedangkan dari arah Barat untuk kendaraan yang menuju arah Jakarta melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 83.620 kendaraan."Jumlah ini turun 0,8 persen dari lalu lintas normal," ucap Heru.

Sementara itu, lanjut Heru, untuk jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 60.665 kendaraan atau turun 16,3 persen.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan, sebelum memasuki jalan tol dengan memastikan kendaraan ataupun pengendara dalam keadaan prima dan mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area," kata Heru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat