androidvodic.com

Wagub DKI Minta Pembebasan Lahan di Bantaran Kali Pesanggrahan dan Sunter Dipercepat - News

News, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memerintahkan Dinas Sumber Daya Air (SDA) mempercepat pembebasan lahan di bantaran kali.

Hal ini bertujuan mencegah banjir di DKI Jakarta.

"Kami sudah anggarkan tahun ini, nanti Dinas SDA yang lebih tahu arahan dari pimpinan di lahan-lahan yang memberikan kontribusi terbaik bagi pengendalian banjir," kata Ariza, sapannya, saat diwawancarai awak media, di Balai Kota Jakarta, Jumat (5/3/2021).

"Kami arahkan Dinas SDA membuat prioritas lahan yang harus dibebaskan untuk percepatan pengendalian banjir dan daerah mana yang paling cepat mengendalikan banjir," lanjutnya.

Baca juga: Jika Bercermin Anggaran, Soal Benahi Masalah Banjir, Wagub DKI: Kami Lebih dari Serius

Menyoal pembebasan lahan, kata Ariza, kemungkinan dilakukan di area Kali Pesanggrahan, Kali Sunter, hingga dekat Muara Angke. 

Namun, menurut dia, pembebasan lahan tersebut tidak mudah dilakukan karena ada tahapannya.

"Semua program dilaksanakan normalisasi, naturalisasi sumur resapan, drainase vertikal, ruang terbuka hijau, waduk situ embung, pengerukan sungai kali, membuat sodetan-sodetn, pintu air, membersihkan lingkungan masyarakat, dan sebagainya," tutur Ariza.

Baca juga: DKI Keluar dari Zona Merah Covid-19, Wagub Ahmad Riza Patria Panjatkan Syukur

Meski begitu, Ariza mengatakan terdapat 7,6 kilometer luas lahan di dekat Kali Ciliwung yang telah dibebaskan.

"Iya, ciliwung ada 7,6 kilometer yang sudah bebas, yang bisa dipasang sheet pile," jelas dia. 

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Cegah Banjir di Jakarta, Wagub DKI Jakarta Minta Dinas SDA Lakukan Pembebasan Lahan, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat