androidvodic.com

Soal Kerumunan Massa Jakmania, IPW Salahkan Kapolri hingga Ketum PSSI - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA -- Indonesia Police Watch (IPW) menyoroti soal kerusuhan dan kerumunan yang terjadi usai Final Piala Menpora. Diketahui, masing-masing suporter baik suporter Persib dan suporter Persija, sama-sama melanggar aturan.

Menurut Ketua Presidium IPW Neta S Pane, Kapolri, Menpora, dan Ketum PSSI harus minta maaf kepada masyarakat atas dua peristiwa tersebut.

"Kami menilai kedua aksi itu terjadi akibat kecerobohan Kapolri, Menpora, dan Ketum PSSI, setelah ketiganya nekat menggulirkan Piala Menpora di tengah pandemi Covid 19," kata Neta dalam siaran pers yang diterima Tribunnews, Selasa (27/4/2021).

Maka itu, menurut Neta, baik Kapolri hingga Ketua PSSi harus mengganti semua kerusakan dan kerugian masyarakat yang disebabkan amuk suporter, terutama di Bandung.

Baca juga: Polri Diminta Tangkap Para Suporter yang Memprakarsai Aksi Kerumunan, IPW Kecam Pernyataan Menpora

Di sisi lain, Neta mengatakan peristiwa amuk suporter di Bandung dan kerumunan suporter mengepung Bundaran HI membuka mata publik betapa lemahnya intelijen dan aparatur siber Polri.

"Akibat lemahnya intelijen dan polisi siber semuanya terbiarkan tanpa diantisipasi dan dideteksi dini. Polisi baru sibuk dan kebingungan setelah massa berkumpul dan mengamuk," katanya.

Baca juga: NJ Mania Kecam Oknum The Jakmania yang Berpesta di Tengah Pandemi

Hal yang sama dikatakan Neta, jika aksi pengepungan massa itu terjadi di depan Istana Kepresidenan.

"Apa jadinya? Dalam hal ini, IPW menilai Polri sudah kebobolan. Antisipasi, deteksi dini, dan kepekaannya sangat lemah. Padahal rencana aksi itu sudah muncul di medsos beberapa jam sebelumnya dan Polri tidak mengantisipasinya," tambah Neta.

"Sekarang setelah amuk suporter dan aksi kerumunan massa di Bundaran HI terjadi, Polri baru sibuk hendak memburu medsos pemrakarsanya. Polri lagi-lagi hanya menjadi pemadam kebakaran yang sangat jauh dari konsep Presisi," tandasnya.

Baca juga: Wagub DKI Menyayangkan Euforia Jakmania di Bundaran HI Tak Indahkan Protokol Kesehatan

Sebelumnya diberitakan, kemenangan Persija dalam pergelaran kejuaraan Piala Menpora 2021 pada Minggu (25/4/2021) malam membuat para suporter mereka, The Jakmania tumpah ruah ke jalan.

Para pendukung Persija ini berkonvoi memutari jalanan Jakarta sambil bernyanyi dan berteriak di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Namun, perayaan kemenangan itu tampak tak mematuhi protokol kesehatan. Polisi pun sudah mengamankan total sebanyak 65 orang dalam perayaan tersebut.

Sementara sejumlah suporter Persib Bandung meluapkan kekecewaan mereka dengan melakukan pengrusakan fasilitas yang dimiliki Persib.

Tak hanya itu, oknum suporter juga ada yang merusak mobil berpelat B yang merupakan pelat asal Jakarta.

Baca juga berita lainnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat