androidvodic.com

Sempat Dijebol Peziarah, Begini Kondisi Terkini di TPU Utan Kayu  - News

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Taman Pemakaman Umum (TPU) Utan Kayu, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur kini dijaga ketat petugas.

Hal ini imbas insiden perusakan pagar pada Jumat (14/5/2021) sore kemarin.

Sementara itu gerbang utama TPU Utan Kayu yang dirusak karena warga menolak larangan ziarah kubur saat Idulfitri 1442 Hijriah selama tanggal 12-16 Mei 2021 hingga kini belum diperbaiki Pemprov DKI Jakarta.

penjagaan terkini dari tpu utan kayu 2
Tampak gerbang utama TPU Utan Kayu yang dirusak peziarah di Pulogadung, Jakarta Timur Sabtu (15/5/2021).

Pamdal Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Asep mengatakan pihaknya kini masih mengantisipasi insiden serupa agar tidak terjadi dengan meningkatkan penjagaan di TPU Utan Kayu.

"Kami juga koordinasi dengan Satpol PP dan Polsek Pulogadung untuk pengamanan. Termasuk mensosialisasikan larangan ke warga yang belum tahu larangan ziarah," kata Asep di Jakarta Timur, Sabtu (15/5/2021).

Sedari gerbang utama TPU Utan Kayu petugas Pamdal Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur sudah berjaga menghalau peziarah yang belum mengetahui larangan.

Sementara bagian dalam TPU Utan Kayu dijaga sejumlah personel Satpol PP dan Polsek Pulogadung, setiap warga yang hendak masuk ditanyakan lebih dulu keperluannya oleh petugas.

"Untuk pelaku provokator perusakan kemarin sudah diamankan anggota Polsek Pulogadung. Informasinya pelaku yang diamankan sebanyak dua orang. Saat diamankan mereka masih berada di sekitar TPU," ujarnya.

penjagaan terkini dari tpu utan kayu 3
Tampak petugas pengamanan dalam Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur berjaga di TPU Utan Kayu, Pulogadung, Sabtu (15/5/2021)

Asep menuturkan pihaknya menyesalkan insiden perusakan gerbang TPU Utan Kayu oleh sekelompok peziarah saat larangan ziarah yang ditetapkan guna mencegah penularan Covid-19 berlaku.

Sebelum perusakan terjadi petugas Pamdal Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur sudah berupaya menjelaskan bahwa larangan ziarah berlaku di seluruh TPU wilayah DKI.

"Tapi karena ada provokator akhirnya peziarah menjebol pagar. Peziarah diprovakasi agar masuk saja ke TPU, padahal kami sudah mensosialisasikan aturan. Alhamdulillah tidak ada anggota yang luka saat kejadian," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Peziarah Rusak Gerbang, TPU Utan Kayu Kini Dijaga Ketat, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat