androidvodic.com

Tinjau Vaksinasi Santri di Tangsel, Kepala BIN: Pondok Pesantren Ujung Tombak Ketahanan NKRI - News

Laporan wartawan News, Taufik Ismail

News, TANGERANG SELATAN - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren Ummul Qura, Jalan Pondok Cabe Raya, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (1/8/2021).

Vaksinasi untuk para santri tersebut dilakukan dalam rangka percepatan pemberian vaksin untuk pelajar seperti yang dicanangkan pemerintah.

Budi Gunawan mengungkap tujuan vaksinasi menyasar pondok pesantren.

"Pondok pesantren merupakan ujung tombak ketahanan kita, karena di sinilah para generasi muda dididik untuk aspek religius, kemudian nasionalis, dan toleran," ujar Budi Gunawan dalam tinjauannya.

"Ketahanan NKRI kita ada di sini, sehingga ini menjadi prioritas kita," lanjut dia dia.

Budi Gunawan menjelaskan, total 7.000 dosis vaksin Covid-19 disiapkan untuk menyasar masyarakat di wilayah Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Hari ini kami masuk di beberapa titik di provinsi Banten, yaitu di Tangerang kemudian juga di Pandeglang. Kemudian di Bekasi juga ada tiga titik pondok pesantren. Termasuk di Jawa Timur, ada lima pondok pesantren yang kita datangi untuk melakukan program itu" ucapnya.

Baca juga: 1.400 Nakes Gugur, IDI Kerjasama dengan Kemnaker Tanggulangi Risiko Nakes Terpapar Covid-19

Lebih lanjut, Budi Gunawan juga mengungkap alasan dipilihnya ketiga wilayah tersebut.

Menurut dia, tiga lokasi vaksinasi tersebut berada di kawasan zona hitam penyebaran Covid-19.

"Spot-spot ini kita pilih karena lonjakan angka positif ratenya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam. Sehingga kami masuk di tiga titik tersebut," kata Budi Gunawan.

Dalam kesempatan sama, Pimpinan Ponpes Ummul Qura, KH Syarif Rahmat mengucapkan terima kasih terhadap BIN.

Baca juga: Sebaran 30.738 Kasus Covid di RI: Jawa Tengah Terbanyak, Disusul Jawa Timur, Jabar, dan DKI Jakarta

Dia berharap, semua pihak saling bahu-membahu berperang melawan virus corona.

"Saya berharap kepada saudara-saudara saya para kyai, para ulama, para guru dan seluruh pendidik, masyarakat, untuk bahu membahu tolong menolong dan menyampaikan bahwa saatnya kita berperang. Tidak boleh berbeda pendapat," ujar Syarif.

Selain meninjau vaksinasi di Ponpes tersebut, Budi Gunawan juga meninjau vaksinasi door to door di lokasi sekitar serta memberikan bantuan sosial berupa paket sembako untuk warga sekitar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat