androidvodic.com

Sempat Terpapar Corona hingga Dikunjungi Gubernur Anies, Apa Kabar 2 Harimau Sumatera di TMR ? - News

News, JAKARTA - Dua harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) sempat terpapar Covid-19.

Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat melihat langsung dua hewan buas tersebut.

Lantas bagaimana kondisinya kini ?

Dua harimau Sumatera penghuni Taman Margasatwa Ragunan (TMR) terinfeksi covid-19. Saat ini, dua harimau bernama Hari dan Tino tersebut menjalani isolasi.
Dua harimau Sumatera penghuni Taman Margasatwa Ragunan (TMR) terinfeksi covid-19. Saat ini, dua harimau bernama Hari dan Tino tersebut menjalani isolasi. (instagram)

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang mengungkapkan kedua harimau bernama Hari dan Tino itu sudah kembali beraktivitas normal.

"Kalau kondisinya sudah sembuh sih, sudah cukup lama setelah dipublish waktu itu, sudah sembuh. Sudah beraktivitas seperti biasa," kata Wahyudi saat dihubungi, Minggu (19/9/2021).

Selain itu, lanjut Wahyudi, nafsu makan Hari dan Tino yang sempat menurun saat terpapar Covid-19 kini sudah kembali normal.

"Sudah, (nafsu makan) sudah bagus," ujar dia.

Baca juga: Wagub DKI Kutuk Aksi Vandalisme Tugu Sepatu Kawasan Sudirman, Kini Pelakunya Diburu Satpol PP 

Kandang Hari dan Tino terpisah dari harimau lainnya di Taman Margasatwa Ragunan.

Namun, Wahyudi menyebut hal itu wajar karena harimau merupakan hewan soliter atau hidup menyediri baik saat berburu maupun mengembara.

"Memang secara karakter harimau itu tidak bisa dicampur. Dia soliter, jadi memang paling disekat dengan kandang istirahat gitu ya. Kalau untuk kandang harimau sebenarnya dia sendiri, tidak berkelompok seperti singa," jelas Wahyudi.

Sebelumnya, Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan dokter Endah Rumiyati mengatakan, dua Harimau Sumatera yang terpapar Covid-19 mulanya menunjukkan gejala dan perubahan perilaku.

"Gejala klinis yang ditimbulkan atau ditunjukkan oleh satwa tersebut yaitu satwa tersebut batuk, napasnya terlihat berat, ada cairan dari hidung," kata Endah, Senin (2/8/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dokter Hewan sekaligus Kepala Unit Pengelola Kebun Binatang Ragunan Endah Rumiyati saat meninjau langsung kedua Harimau Sumatera yang sempat terpapar Covid-19, Minggu (1/8/2021).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dokter Hewan sekaligus Kepala Unit Pengelola Kebun Binatang Ragunan Endah Rumiyati saat meninjau langsung kedua Harimau Sumatera yang sempat terpapar Covid-19, Minggu (1/8/2021). (News/Rizki Sandi Saputra)

Selain itu, Endah juga menyebut nafsu makan Hari dan Tino mengalami penurunan.

Tim medis Taman Margasatwa Ragunan kemudian memberikan obat antibiotik dan antiradang serta multivitamin.

"Tes PCR-nya tanggal 14 Juli, hasilnya (positif Covid-19) tanggal 15 Juli 2021," ujar dia.

Selain dua Harimau Sumatera tersebut, Endah memastikan tidak ada satwa lain yang terpapar Covid-19.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Sempat Positif Covid-19, Begini Kabar Terbaru Harimau Sumatera Hari dan Tino Penghuni Taman Ragunan, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat