androidvodic.com

Dinas LH DKI Siagakan 8.900 Personel Demi Atasi Sampah Musim Hujan - News

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyiagakan 8.945 personel untuk menangani sampah di musim hujan.
Selain personel, sarana dan prasarana pendukung turut disiagakan.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan sarana dan prasarana pendukung yang disiapkan meliputi 1.543 unit truk sampah, 118 unit alat berat, 47 kendaraan penyapu jalan, 33 bus toilet, 35 toilet portable, dan 50 set kubus apung.

Ia menyebut pihkanya juga telah memetakan titik lokasi yang kerap jadi tempat penumpukan sampah.

"Pemetaaan titik penanganan sampah juga sudah kita lakukan," terang Asep dalam keterangannya, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: DKI Jakarta Turun ke PPKM Covid-19 Level 2, Anies Minta Semua Pihak Ambil Peran Pengawasan

Baca juga: Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Ajang Formula E, Wagub DKI Harap DPRD Tak Teruskan Hak Interpelasi

Adapun lokasi yang teridentifikasi sebagai titik penumpukan sampah di musim hujan antara lain, Kali Ciliwung mulai dari ruas kali Ciliwung di Jagakarsa hingga Kali Ciliwung jembatan TB Simatupang.

Titik selanjutnya yakni Kali Ciliwung Kalibata, Kali Ciliwung Kampung Pulo, Kali Ciliwung Manggarai, Kali Ciliwung BKB Petamburan, Kali Ciliwung Season City, dan terakhir Kali Ciliwung BKB Kalijodo menuju muara.

Selain aliran Kali Ciliwung, Dinas LH DKI juga mengantisipasi penumpukan sampah di Kali Pesanggrahan, Kali Baru Barat, dan Kali Baru Timur.

Humas Dinas LH DKI Yogi Ikhwan mengatakan fokus penanganan sampah ada pada setiap pintu air, waduk atau embung, serta saluran - saluran pada area pemukiman warga.

"Fokus penanganan sampah adalah di setiap pintu air, waduk atau embung. Kemudian di saluran penghubung dan di pemukiman warga," kata Yogi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat