androidvodic.com

Perjalanan Hidup Pasukan Oranye Sukses Raih Cumlaude: Tinggal di Panti dan Ogah Susahkan Orangtua - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNENWS.COM, JAKARTA - Ada cerita masa kecil di balik kesuksesan Muhammad Rizki Hidayat (25), personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Pria yang bekerja sebagai pasukan oranye ini tak instan meraih prestasi.

Rizki yang sudah enam tahun menjadi anggota PPSU Cipinang Muara berhasil meraih gelar S-1 dengan predikat cumlaude IPK 3,52 pada jurusan Teknik Informatika di Universitas Nusa Mandiri.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang hadir dalam acara syukuran Rizki di kantor Kelurahan Cipinang Muara pada Sabtu (20/11/2021) bahkan dibuat kagum oleh prestasi diraih Rizki.

Riza mengaku kagum karena meski Rizki lahir di keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi, tapi semangat Rizki untuk mengenyam pendidikan dan meraih kesuksesan tak surut.

Rizki mengatakan prestasi yang kini bisa membuat sang ibu Sumariah (60) bahagia pun tidak diraih dengan proses yang mudah, melainkan lewat proses kerja keras tanpa kenal lelah.

Baca juga: Momen Wagub DKI Hadiri Syukuran Anggota PPSU Cipinang Muara yang Raih Cumlaude S-1

"Saya SD di panti asuhan di Klender (Duren Sawit), SMP di panti asuhan Ceger (Cipayung). Karena yang ada di pikiran ibu saya waktu itu enggak apa malu di depan, yang penting anak sekolah," kata Rizki di Jakarta Timur, Sabtu (20/10/2021).

Selepas tamat SMP tahun 2010, anak ketiga dari empat bersaudara itu sempat mengalami kendala melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA karena masalah ekonomi.

Hingga akhirnya pada tahun 2010-2012 dia bekerja sebagai operator Warung Internet (Warnet) di wilayah Kelurahan Cipinang Muara milik seorang teman guna mencari penghasilan.

"Waktu itu saya pikir yang penting saya enggak menyusahkan orangtua saya. Waktu itu jaga Warnet dekat rumah di Cipinang Muara. Sampai akhirnya saya masuk SMA 45 di Kelapa Gading," ujarnya.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat menghadiri syukuran wisuda S-1 Muhammad Rizki Hidayat yang meraih predikat cumlaude di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (20/11/2021)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat menghadiri syukuran wisuda S-1 Muhammad Rizki Hidayat yang meraih predikat cumlaude di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (20/11/2021) (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Rizki mengenyam pendidikan SMA berkat program sekolah gratis yang digagas pemerintah hingga akhirnya lulus pada tahun 2015, lalu mendapat tawaran kerja sebagai anggota PPSU.

Tanpa pikir panjang, pada tahun 2015 Rizki mendaftar sebagai anggota PPSU Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara hingga akhirnya diterima dan bertahan sampai sekarang.

"Awalnya sempat malu bekerja sebagai PPSU. Waktu hari pertama daftar anggota PPSU di Kelurahan itu ada 100 orang lebih, banyak anak muda juga. Tapi setelah mendengar penjelasan tugas kerja banyak yang mundur," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat