androidvodic.com

30 Menit Surut, Genangan Air 40 Cm di Area Bongkar Muat Bandara Soekarno-Hatta Baru Pertama Terjadi - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

News, JAKARTA - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta terendam banjir,  Selasa (21/12/2021).

Dilansir dari TribunJakarta, genangan diketahui terjadi sekira pukul 15.00 WIB sampai 16.00 WIB di area terbatas yakni area bongkar muat barang (loading dock) di Terminal 3 Internasional.

"Genangan air sekitar 40 sentimeter terjadi di area loading dock yang merupakan area terendah di Terminal 3 Internasional," ujar Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Holik Muardi.

"Dan genangan air tersebut sudah surut dalam waktu 25-30 menit setelah dilakukan penyedotan dengan mobile pump berkapasitas 4.000 liter permenit," sambungnya.

Ia meyakinkan kalau banjir yang sempat viral di media sosial tersebut tidak mengganggu operasional penerbangan di sana.

Baca juga: Terminal 3 Bandara Soetta Banjir, AP II Klaim Operasional Bandara dan Penerbangan Tak Terganggu

"Area loading dock adalah area terbatas dan hanya dapat diakses oleh orang yang telah mendapat perizinan, sehingga tidak dilalui oleh penumpang atau pengunjung bandara," aku Holik.

Pasalnya, genangan air tinggi hanya terjadi di area tersebut walau ada laporan di M1 Bandara Soekarno-Hatta juga ada banjir.

"Saat ini tidak ada lagi titik air di Bandara Soekarno-Hatta. Operasional bandara termasuk pelayanan kepada penumpang secara umum tidak mengalami gangguan," tutur Holik.

Holik menduga, banjir terjadi karena debit air di saluran utama tinggi karena hujan lebat.

Adapun, saat ini langsung melakukan pemeriksaan lingkungan sekitar bandara guna memastikan keandalan saluran air.

Akun @abouttngid membagikan foto sejumlah mobil terendam banjir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (21/12/2021).
Akun @abouttngid membagikan foto sejumlah mobil terendam banjir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (21/12/2021). (IG @abuttngid)

"Penyebab adanya genangan di loading dock Terminal 3 Internasional diduga adalah karena debit air di saluran utama (saluran induk) meninggi, sehingga buangan air menjadi lambat. Kami saat ini sedang menginvestigasi faktor yang menyebabkan saluran air utama meninggi," papar Holik.

Sebagai informasi, Jalan M1 yang berada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta mengalami kebanjiran

Banjir disebabkan setelah sebelumnya terjadi hujan deras di wilayah ini selama sekira 60 menit, Selasa (21/12/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat