androidvodic.com

Erick Thohir Kunjungi Kegiatan Ibadah Imlek di Vihara Dharma Bakti - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendatangi Vihara Dharma Bhakti yang berlokasi di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat.

Kedatangan Erick Thohir ini untuk meninjau langsung kegiatan ibadah para jemaat dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek.

Mengingat saat ini Covid-19 varian Omicron sedang mengalami peningkatan, Erick memastikan dalam prosesi ibadah pada tahun ini, para jemaat termasuk pengurus di Vihara Dharma Bakti sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara baik.

“Saya tadi cek sangat bagus, protokol kesehatannya juga. Apalagi kan saat ini kita sedang dihadapkan pada omicron yang penularannya sangat luar biasa,” kata Erick kepada awak media saat ditemui di Vihara Dharma Bhakti, Selasa (1/2/2022).

Baca juga: Mengenal Berbagai Istilah dalam Perayaan Imlek: Angpao, Cap Go Meh hingga Barongsai

Dengan begitu dirinya mengimbau kepada seluruh jemaat Tionghoa yang ingin melaksanakan ibadah Imlek di Vihara manapun untuk sedianya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu penting dilakukan kata dia untuk menekan penyebaran virus Covid-19 terutama varian Omicron.

Namun kata dia, masyarakat hendaknya tidak perlu panik, sebab pemerintah sudah menerapkan aturan terkait dengan penanganan Covid-19.

“Tetapi tentu kembali masyarakat tidak boleh panik. Pemerintah kemarin sudah buat aturan kalau memang terkena bisa mandiri yang ringan. Tapi kalau ada gejala silakan konsul ke dokter tapi tidak perlu semua ke RS,” tandasnya.

Suasana Ibadah Imlek di Vihara Dharma Bakti

Berdasarkan pantauan Tribunnews di lokasi, tempat ibadah dengan arsitektur dominan berwarna merah ini, mulai dipadati para jemaat sejak pagi tadi.

Terpantau di lokasi, aparat keamanan mulai dari TNI-Polri hingga Satpol PP melakukan penjagaan sedari pintu masuk Vihara.

Jemaat yang hendak masuk ke area ibadah, diminta untuk mengantre terlebih dahulu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker dan menjaga jarak.

Hal itu diterapkan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 terlabih dalam hal ini varian baru Omicron.

Terlihat, dari arah antrean para jemaat yang hendak masuk ke area ibadah di lantai dua Vihara, diminta untuk berjalan bergantian.

Para jemaat yang dominan menggunakan pakaian serba merah itu juga diminta untuk melepaskan alas kaki sebelum menaiki anak tangga sesuai dengan arahan pengurus.

Di area ibadah, terlihat para jemaat saling bergantian melakukan rangkaian peribadatan, mulai dari membakar batang dupa hingga berdoa.

Di area pelataran Vihara Dharma Bakti juga terpantau banyak masyarakat dari beragam kalangan berkumpul melihat semaraknya peribadahan.

Mereka juga tak lepas dari penjagaan aparat keamanan agar sedianya tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak berkerumun dan tidak menghalangi ruas jalan untuk kendaraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat