androidvodic.com

120 Personel Satpol PP Diterjunkan Saat Car Free Day di Kota Bekasi Besok - News

News, BEKASI SELATAN - 120 personel Satpol PP diterjunkan mengamankan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Kota Bekasi, Minggu, (29/5/2022). 

Kegiatan ini menjadi yang perdana pascaditiadakan selama kurang lebih dua tahun akibat pandemi Covid-19, Satpol PP setempat akan menerjunkan sebanyak 120 personel. 

Kepala Bidang Ketentraman Dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Bekasi, Ade Rahmat, mengatakan, ratusan personelnya dikerahkan untuk mengawal jalannya CFD. 

"Besok 120 personel Satpol PP yang kamu turunkan, tim patroli yang akan muter tapi tidak ada penindakan," kata Ade kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022). 

Baca juga: Mantan Kasatpol PP Makassar Gunakan Uang Negara untuk Sewa Oknum Polisi Habisi Najamuddin Sewang

Personel ditempatkan di titik rawan, area CFD Jalan Jenderal Ahmad Yani harus steril dari keberadaan pedagang kaki lima (PKL). 

Berdasarkan hasil rapat koordinasi, pedagang diperbolehkan berjualan di sejumlah titik diantaranya kawasam GOR, Hutan Kota, Jalan Rawa Tembaga dan Jalan Guntur (Chevest). 

"Terkait pengamanan seperti biasa di titik-titik yang rawan kita floting khususnya pengamanan terhadap PKL," jelas dia. 

Selain itu, personel Satpol PP Kota Bekasi juga akan mengawasi pengunjung dan pedagang agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). 

Baca juga: Mau Lihat Mobil Balap Formula E? Besok Terpajang Saat Car Free Day di Bundaran HI

Pemerintah Kota Bekasi kata Ade, sepakat mengimbau masyarakat khususnya pengunjung CFD agar tetap memakai masker dan menghindari kerumunan. 

"Ini kan kemarin hasil rapat, walau kebijakan boleh buka masker di area terbuka, Satpol PP juga harus mengupayakan untuk memakai masker, karena kan khawatir ya kerumunan banyak orang," tegas dia. 

Pihaknya tidak akan melakukan penindakan selama mengawal CFD, upaya pencegahan sebatas imbauan. 

Baca juga: Mengenal Lima Definisi Kasus Cacar Monyet atau Monkeypox Mulai Suspek sampai Discarded

"Tidak mengambil tindakan hanya imbauan saja, supaya mereka agar tetap memakai masker, pedagang tolong tertib prokes juga tetep dijaga," tegas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Satpol PP Kerahkan 120 Personel Kawal CFD Perdana Besok di Kota Bekasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat