androidvodic.com

Jalan Bambu Apus Jadi Jalan Mpok Nori, Warga Mulai Urus Penggantian KTP, KK dan KIA  - News

News, JAKARTA - Warga Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung mulai mengurus penggantian data KTP, KK dan KIA sejak Rabu (29/6/2022) pagi. 

Ini dampak dari kebijakan perubahan nama 22 jalan di ibu kota yang diganti jadi nama Tokoh Betawi.

Hari ini pula Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur mulai melakukan proses penggantian data kependudukan warga terdampak penggantian nama jalan tersebut. 

Kasudin Dukcapil Jakarta Timur, Naufan mengatakan layanan jemput bola ini diperuntukan bagi warga terdampak perubahan nama Jalan Raya Bambu Apus menjadi Jalan Mpok Nori.

"Tidak ada persyaratan khusus. Warga masyarakat cukup datang membawa KTP lama dengan fotokopi KK (kartu keluarga)," kata Naufan di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya setelah proses pendaftaran penggantian data kependudukan warga hanya harus menunggu sekitar 5 hingga 10 menit agar data KTP, KK, dan KIA berubah baru.

Sementara bagi warga yang berada di luar kota dapat melakukan penggantian data secara online melalui aplikasi Alpukat Betawi atau melalui kerabatnya di wilayah DKI Jakarta.

"Kami melayani perubahan nama jalan pada KTP dan KK, juga melayani apabila ada warga membutuhkan akta lahir, akta mati, akta cerai, akta datang," ujarnya.

Baca juga: Nasib 5.637 Warga DKI Jakarta Terdampak Perubahan 22 Nama Jalan

Naufan menuturkan warga yang hendak mengganti data kependudukannya juga bisa datang ke kantor Kelurahan atau Kecamatan, seluruh pelayanan ini tidak dipungut biaya.

Dalam penggantian data kependudukan warga yang terdampak perubahan nama jalan ini Sudin Dukcapil Jakarta Timur tidak memiliki target waktu, sehingga warga tak perlu khawatir.

"Yang pasti warga tidak perlu cemas karena TNI-Polri akan melakukan hal yang sama terhadap perubahan ini tidak akan dipungut biaya. Semuanya gratis," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Sudin Dukcapil Jakarta Timur Mulai Jemput Bola Ganti KTP Warga Terdampak Perubahan Nama Jalan, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat