androidvodic.com

PA 212 Gelar Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM, Ribuan Polisi Disiagakan untuk Pengamanan - News

News, JAKARTA - Ribuan personel polisi dan TNI disiapkan untuk melakukan pengamanan terkait aksi unjuk rasa oleh PA 212 dan elemen lain yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR).

Diketahui, aksi unjuk ini digelar di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022) sekira pukul 13.00 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyebut personel pengamanan itu terbagi di sejumlah titik yang akan menjadi konsentrasi unjuk rasa.

Namun, kata Komarudin, hanya GNPR yang melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM.

"Untuk personel yang kami siapkan untuk seluruh wilayah Jakarta Pusat seperti di DPR, Patung Kuda, Balai Kota terus di ada beberapa titik lagi ya itu 3.800 personel," kata Komarudin saat dihubungi, Jumat (23/9/2022).

Komarudin mengungkapkan estimasi pendemo yang akan turun ke jalan kurang lebih sekira 2.000 orang.

"Ya ini masih kami analisa tapi mungkin sekitar seribu atau dua ribu orang," ucapnya.

Lebih lanjut, Komarudin tetap mengimbau kepada para pendemo untuk tetap mengikuti peraturan yang berlaku dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

"Kami persilakan kepada masyarakat siapapun juga akan menyampaikan aspirasi silakan menyampaikan aspirasi secara tertib. Kemudian juga menghormati hak-hak pengguna jalan yang lain, menghormati hak-hak yang lain yang akan beraktivitas di Jakarta tentunya kita ketahui bahwa Jakarta ini mobilitasnya sangat tinggi sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

Diketahui, Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan sejumlah elemen yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) kembali menggelar aksi demonstrasi di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022).

Adapun tuntutan mereka adalah meminta agar harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan harga bahan pokok diturunkan hingga meminta agar ditegakan supremasi hukum.

Poster seruan aksi yang akan digelar oleh PA 212 dan ormas Islam lainnya, di kawasan Istana Negara, Senin (12/9/2022).
Poster seruan aksi yang akan digelar oleh PA 212 dan ormas Islam lainnya, di kawasan Istana Negara, Senin (12/9/2022). (Dok. PA 212)

Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif membenarkan akan adanya aksi yang digelar pihaknya besok. Aksi itu akan digelar sekira pukul 13.00 WIB.

"InsyaAllah, iya (adakan aksi)," kata Slamet Maarif kepada News, Kamis (22/9/2022).

Slamet mengklaim pendemo yang akan datang dalam aksi tersebut ribuan orang.

Di sisi lain, Slamet menerangkan eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab tidak akan hadir dalam aksi tersebut.

"Belum bisa gabung secara badannya, tapi hati dan semangat perjuangannya tetap hadir bersama kami," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat