androidvodic.com

Kali Ciliwung Meluap, 53 RT di Jakarta Kebanjiran Pagi Ini dan Dilaporkan 10 KK Mengungsi - News

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang sempat terjadi pada Minggu (9/10/2022) kemarin  menyebabkan kenaikan status siaga di Bendung Katulampa dan diketahui sempat berstatus siaga satu (bahaya), dan Pos Pantau Depok berstatus siaga dua.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, ada 53 RT di Jakarta yang terdampak banjir akibat luapan Kali Ciliwung pagi hari ini, hingga pukul 06.00 WIB.

53 RT tersebut, tersebar di wilayah Jakarta Selatan, dan  Jakarta Timur.

Untuk di wilayah Jakarta Selatan, diantaranya terdapat 2 RT di Kelurahan Tanjung Barat, 5 RT di Kelurahan Pejaten Timur, 1 RT di Kelurahan Pengadegan, 3 RT di Kelurahan Rawajati, 2 RT di Kelurahan Kebon Baru, juga 7 RT di Kelurahan Manggarai.

Baca juga: Banjir di Kebon Pala Jakarta Timur, Ketinggian Air Capai 2 Meter, Warga Berharap dapat Bantuan

Di kawasan Jakarta Timur, terdapat 2 RT di Kelurahan Balekambang, 2 RT di Kelurahan Cililitan, 4 RT di Kelurahan Cawang, 12 RT di Kelurahan Bidara Cina,serta 13 RT di Kelurahan Kampung Melayu.

BNPD juga melaporkan di Kelurahan Cawang ada  10 KK atau 30 Jiwa di Musholla Al Islah dan Depan Gg. Haji Maliki mengungsi.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, saat ini pihaknya telah mengerahkan personel untuk memantau kondisi genangan di setiap wilayah.

 Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga berkordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk melakukan penyedotan genangan sehingga diharapkan bisa segera surut dengan cepat.

"Mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat. Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi," kata Isnawa dalam keterangannya, Minggu (10/10/2022).

BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan yang terjadi.

Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112 gratis yang beroperasi selama 24 jam non-stop.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Pagi Ini 53 RT di Jakarta Sudah Kebanjiran, BPBD DKI Gerak Cepat Lakukan Penyedotan Genangan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat