androidvodic.com

Pimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Kontijensi di Monas, Jenderal Dudung Bicara Stabilitas Keamanan - News

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan menghadapi Kontijensi untuk wilayah Garnisun Ibukota di lapangan Silang Monas Jakarta pada Rabu (26/10/2022).

Apel tersebut melibatkan ribuan Prajurit dari berbagai satuan TNI AD yang digelar secara serentak di jajaran Komando Utama (Kotama/Kodam) di seluruh wilayah Indonesia. 

Dalam pengarahannya, Dudung mengatakan kegiatan Apel Gelar Kesiapsiagaan memiliki makna yang sangat penting dan strategis.

Apel tersebut, kata dia, sebagai indikator untuk mengukur kesiapsiagaan seluruh satuan TNI AD dalam menghadapi perkembangan situasi atau kontijensi yang mungkin terjadi di wilayah NKRI.

"Apabila setiap satuan dan seluruh Prajurit memiliki kesiapsiagaan yang mantap dan meyakinkan, maka akan menjadi jaminan bagi stabilitas keamanan wilayah Indonesia yang terjaga baik dan kondusif," kata Dudung dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AD pada Rabu (26/10/2022).

Dudung juga menekankan kepada seluruh satuan dan Prajurit TNI AD agar menunjukkan peran, tugas serta fungsinya secara optimal dan maksimal untuk membantu menyukseskan program pemerintah.

Program tersebut di antaranya penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, penanganan bencana alam, mencegah dan mengatasi ancaman radikalisme, menjaga netralitas TNI, dan ikut menyukseskan penyelenggaraan KTT-G20.

Selain itu juga meningkatkan pelaksanaan ketahanan pangan, stunting, dan TNI AD Manunggal Air dalam rangka membantu kesejahteraan masyarakat.

Dudung juga mengingatkan agar setiap Prajurit TNI AD paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sesuai aturan pelibatan (Rules of Engagement) yang berlaku dan memedomani Tujuh Perintah Harian KSAD.

"Jangan pernah ragu dalam melakukan tindakan yang cepat, terarah dan terukur sesuai Standard Operating Procedure (SOP) maupun aturan yang berlaku lainnya," kata Dudung. 

dudung apel gelar pasukan di monas KSAD
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan menghadapi Kontijensi untuk wilayah Garnisun Ibukota di lapangan Silang Monas Jakarta pada Rabu (26/10/2022).

Selain menggelar kesiapsiagaan pasukan beserta perlengkapannya, sejumlah Alutsista di antaranya Meriam Caesar, MLRS Astros, Mistral, kendaraan lapis baja Anoa dan kendaraan taktis V-150 juga turut digelar.

Di akhir pelaksanaan apel tersebut, Dudung juga menyapa dan berdialog dengan seluruh Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI AD beserta prajuritnya melalui video conference serta makan bersama prajurit dan awak media. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat