androidvodic.com

Respons Keluarga Mahasiswa UI Setelah Polisi Cabut Status Tersangka dalam Kasus Kecelakaan Maut - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Keluarga merespon soal pencabutan status tersangka terhadap mahasiswa UI, Muhammad Hasya Athala Saputra dalam kasus kecelakaan maut di Jakarta Selatan.

Kuasa hukum keluarga Hasya, Gita Paulina menyebut pihak keluarga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Polda Metro Jaya setelah status tersangka Hasya Athala itu dicabut.

"Kami selaku tim kuasa hukum dari keluarga almarhum M Hasya Athala Saputra mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi tindakan korektif dari Polda Metro Jaya terutama pimpinan Polda Metro yaitu Bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, beserta jajarannya," kata Gita dalam keterangannya, Senin (6/2/2023).

Menurutnya, pencabutan status tersangka itu merupakan bentuk komitmen Irjen Fadil Imran atas permintaan dari pihak keluarga untuk dilakukan penelaahan kembali terkait status tersebut.

"Bersamaan dengan itu menjadi titik balik bagi Polda Metro Jaya mclakukan pemulihan atau rehabilitasi nama baik almarhum Hasya beserta keluarga," katanya.

Baca juga: Status Tersangka Mahasiswa UI Hasya yang Tewas Kecelakaan Dicabut, Polisi akan Pulihkan Nama Baiknya

Gita melanjutkan kedua orang tua Hasya sangat mengapresiasi Polda Metro Jaya karena juga sudah meminta maaf atas kesalahan prosedur yang terjadi dan memberikan harapan bagi keluarga.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan misalnya IPW, anggota DPR, civitas akademika Universitas Indonesia dan pihak-pihak lain yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu," katanya.

Status Tersangka Dicabut

Polda Metro Jaya mencabut status tersangka mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah Saputra yang tewas dalam kasus kecelakaan maut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pencabutan status tersangka itu setelah tim khusus (timsus) menemukan adanya novum atau bukti baru dari hasil rekontruksi ulang.

Baca juga: AKBP Purn Eko yang Lindas Hasya Ganti Cat Mobil, Pakar: Sikap Polisi Apa? Jangan-jangan Kode Senyap

"Pertama mencabut surat ketetapan status almarhum dengan produk surat ketetapan tentang pencabutan status tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam konferensi pers di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (6/2/2023).

Pencabutan status tersangka itu berdasarkan Peraturan Kabareskrim Nomor 1 tahun 2022 tentang penyidikan tindak pidana terkait proses penerapan status tersangka dan tahapan lainnya terhadap perkara tersebut.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan merehabilitasi atau memulihkan nama baik Hasya setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Baca juga: Pihak Hasya Atallah Anggap Rekonstruksi Ulang Mengandung Maladministrasi, Keluarga Buat Laporan Baru

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat