androidvodic.com

Lakukan Evaluasi, Polda Metro Tiadakan Car Free Day di Markasnya Selama Bulan Ramadan  - News

News, JAKARTA - Polda Metro Jaya meniadakan perberlakuan sistem car free day (CFD) di markasnya selama bulan Ramadan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan ditiadakannya CFD selama bulan ramadan sebagai bentuk evaluasi.

"Bulan Ramadhan ini Polda Metro lakukan Evaluasi untuk tidak memberlakukan CFD," kata Trunoyudo saat dihubungi, Jumat (24/3/2023). 

Trunoyudo menyebut aturan tersebut dibuat sebagai kepedulian Polda Metro kepada masyarakat selama bulan ramadan agar masyarakat tidak terhambat.

"Wujud kepedulian selama jalani puasa di bulan ramadan," ujarnya. 

Untuk informasi, Polda Metro Jaya akan memberlakukan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kantornya pada Jumat (3/3/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi polusi. Pihak internal Polda Metro Jaya sendiri sudah meminta jajarannya untuk tidak membawa kendaraannya.

Nantinya, aturan ini rencananya akan digelar setiap seminggu sekali.

"Pada hari Jumat ini tepatnya tanggal 3 Maret 2023 akan diterapkan Car Free Day di lingkungan Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Polda Metro Jaya, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Menkes: CFD Jadi Contoh Paling Baik Ajak Masyarakat Hidup Sehat Tanpa Dipaksa

Meski begitu, Trunoyudo mengatakan mobil dinas dan masyarakat yang hendak melakukan cek fisik masih diizinkan untuk membawa kendaraan ke Polda Metro Jaya.

Namun, jumlah kendaraan dibatasi. Adapun, untuk roda empat pada satu hari sebanyak 300 unit, sedangkan untuk mobil ada 200 unit.

"Tentunya kami mohon dukungan terkait car free day yang ada di Polda Metro Jaya, kita mendorong masyarakat dan juga personel menggunakan angkutan umum," ucapnya.

Lebih lanjut, Trunoyudo menegaskan pelayanan publik tetap berjalan seperti biasa pada Jumat nanti.

"Artinya kita mencoba pada ramah lingkungan yang bebas polusi udara dan kita mengembangkan hutan kota," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat