androidvodic.com

Pelaku Penempel Stiker QRIS Palsu Kotak Amal Masjid di Jakarta Berhasil Diringkus Polisi - News

News - Pelaku penempel stiker QR digital palsu pada kotak amal sejumlah masjid di Jakarta berhasil diringkus polisi. 

Pria yang diduga berasal dari Medan itu kini sedang diperiksa. 

Pernyataan tersebut disampaikan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus, Selasa (11/4/2023). 

"Iya (pelaku ditangkap), gabungan dengan Subdit Siber Polda Metro," kata Irwandhy, Selasa, dikutip dari TribunJakarta.com

Meski demikian, pihak kepolisian enggan menjelaskan detail identitas pelaku. 

Sebelumnya, Irwandhy menuturkan, kasus penipuan dengan modus tersebut ditemukan di sejumlah Masjid di Jakarta Selatan. 

Baca juga: Marak Penipuan Qris Kotak Amal di Masjid, Wapres Minta OJK dan BI Perketat Pengamanan

"Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi, lebih dari satu lokasi." 

"Ada di Kebayoran Lama,dan ada di Pancoran, Pondok Indah dan Kalibata jadi ada beberapa lokasi," kata Irwandhy, Senin (10/4/2023).

Sejauh ini, kata Irwandhy, korban yang sudah melapor berjumlah satu korban yakni di wilayah Pancoran.

Tak hanya di sejumlah Masjid di Jakarta Selatan, ternyata pelaku juga menempelkan QRIS palsu itu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat,

Polisi memastikan penipu yang beraksi di sejumlah masjid di kawasan Jakarta Selatan termasuk di Masjid Istiqlal adalah orang yang sama.

"Iya orang yang sama," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Selasa (11/4/2023).

Sebelumnya, aksi pria tersebut viral setelah diunggah beberapa akun sosial media, satu diantaranya akun Instagram @redasamudera.id. 

Warganet membagikan QR Code QRIS yang asli dan yang palsu yang stikernya kedapatan dipasang oleh pria berkacamata yang terekam kamera pengawas (CCTV) pada kotak amal di masjid. Dalam narasi video disebutkan lokasi kejadian di Masjid Nurul Iman Blok M Square Lantai 7 Jakarta Selatan.
Warganet membagikan QR Code QRIS yang asli dan yang palsu yang stikernya kedapatan dipasang oleh pria berkacamata yang terekam kamera pengawas (CCTV) pada kotak amal di masjid. Dalam narasi video disebutkan lokasi kejadian di Masjid Nurul Iman Blok M Square Lantai 7 Jakarta Selatan. (Twitter)

Dalam video yang diunggah @redasamudera.id,  terekam seorang pria berkacamata menggunakan kemeja biru tampak menaiki anak tangga masjid Masjid Nurul Iman Blok M, Jakarta Selatan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat