androidvodic.com

Ribuan Warga Muhammadiyah Salat Id di Lapangan Parkir PP Muhammadiyah - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Ribuan warga Muhammadiyah melangsungkan Salat Idulfitri 1 Syawal 1444 H di halaman Parkir Kantor Pengurus Pusat Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (21/4/2023).

Salat Id yang berlangsung mulai 06.30 WIB ini akan dipimpin oleh Muhammad Chairin selaku anggota majelis tabligh PP Muhammadiyah.

Zainal Abidin, Sekretaris Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah selalu penyelenggara menjelaskan lapangan parkir PP Muhammadiyah dapat menampung hingga 1.000 lebih jemaah.

Baca juga: Daftar 49 Lokasi Salat Id Hari Ini di DKI Jakarta, Berikut Rinciannya

"Insyaallah bisa menampung kapasitas ya antara 1000-1200, atau kalau sampai jalanan ya mungkin lebih dari 1000-an lebih jamaah ya, yang kita tampung," kata Zainal kepada awak media.

Pantauan Tribunnews, sejak pukul enam pagi jemaah mulai berbondong-bondong memenuhi kawasan lapangan parkir PP Muhammadiyah.

Tampak cuaca sempat mendung dan sedikit hujan. Namun kemudian berangsur-angsur cerah.

Pun jika hujan, Zainal mengatakan pihaknya sudah menyiapkan antisipasi dengan memindahkan lokasi salat di Masjid At-Tanwir yang berlokasi di kawasan PP Muhammadiyah.

"Kecuali dalam keadaan mendung atau terjadi hujan, terpaksa di masjid. Tapi karena cuaca sudah mulai bagus maka kita tetap melaksanakan di lapangan parkir," jelasnya.

Muhammadiyah sudah terlebih dahulu menetapkan hari raya Idul Fitri 2023. PP Muhammadiyah menetapkan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023.

Sedangkan pemerintah pada Kamis (20/4/2024) telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

Sidang isbat dilaksanakan secara tertutup melibatkan Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat