androidvodic.com

Cerita Zoo Keeper Komu si Gorila Ragunan yang Berulang Tahun saat Lebaran: Karakternya Petualang - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Dwi Suprihadi, seorang pelatih dan perawat hewan atau zoo keeper di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta membeberkan karakteristik Komu, gorila jantan yang berulang tahun ke-26, Minggu (23/4/2023).

Pria yang sudah merawat Komu sejak 2002 itu menyebut anak asuhnya punya karakteristik yang berbeda dibanding kedua kakaknya Kumbo dan Kihi.

Komu, disebut Dwi, memiliki karakteristik petualang.

Hal ini terlihat ketika ketiganya dibawa ke Indonesia dari Inggris saat umurnya Komu masih 5 tahun dan kedua kakaknya berumur 7 tahun.

"Kalo si Komu, ini tuh seperti petualang, sebelum yang lain eksplor kandang di sini, Komu sudah eksplor duluan," kata Dwi saat ditemui di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, Minggu (23/4/2023).

Saat masih kecil, Komu lebih lincah dari kakaknya.

Dia sudah bisa naik ke pohong dibanding Kumbo dan Kihi.

"Kaya naik pohon, itu cuma Komu yang bisa manjat pohon, kakaknya malah ga bisa. Saat pertama mereka kenal kelapa, yang bisa naik dan memanjat kelapa itu Komu, yang bisa membuka kelapa pertamanya itu Komu," ucapnya.

Dwi pun menceritakan semua suka duka ketika merawat ketiganya.

Hati merasa senang ketika anak-anak asuhnya sehat.

"Sukanya kalau mereka sehat, kalau mereka aktif bermain, dukanya kalau dia lagi sakit, itu saya jadi sedih, karena mereka kan sudah seperti keluarga sendiri, kita merasakan apa yang mereka rasakan," ucapnya.

Lebih lanjut, Dwi meminta kepada para pengunjung untuk tetap mengikuti peraturan saat melihat ketiganya di Pusat Primata Taman Margasatwa Ragunan tersebut.

"Mereka kan perlu istirahat, kalau mereka lagi istirahat jangan diganggu, terus mereka ini kan sebetulnya tidak suka berisik ya, saya imbau masyarakat yang melihat gorila untuk tidak terlalu berisik," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat