androidvodic.com

Resah karena Sampah, Lusi Ajarkan Ibu-ibu Buat Sabun dari Minyak Jelantah - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu 

News, JAKARTA -- Berawal dari keresahan melihat banyaknya sampah rumah tangga, Lusi Driyanti Budi warga desa Setiadarma, Tambun Selatan ini tergerak mengolahnya menjadi barang bernilai.

Ia memilih minyak jelantah untuk disulap menjadi sabun pembersih rumah tangga yang memiliki nilai ekonomis.

Bersama kader PKK di sekitar rumahnya, perempuan berkacamata ini terus membagikan ilmu pembuatan sabun yang dinamai Sebuka atau Selamatkan Bumi Kita.

"Saya mulai 2018 tapi kan masyarakat tidak serta mau cuman 5 orang yang mau bergabung saya ajarin," kata dia yang ditemui News di kediamanya di Tambun Selatan, Senin (08/05/2023).

Lusi menceritakan, tak mudah untuk mengajak ibu-ibu rumah tangga berkarya dalam pembuatan sabun Sebuka.

Ia pun tak patah arang, hingga di tahun 2020, Lusi menyabet juara harapan 2 lomba perempuan inspiratif Kabupaten Bekasi.

Penghargaan inilah yang mengantarkan Lusi dipercaya memberikan pelatihan di desa maupun kecamatan di kabupaten Bekasi.

"Kemudian menang lomba inspirasi. Setelah itu baru Desa sendiri mau mengundang saya untuk menjadi perhatian di desa Setiadarma. Sebelumnya enggak ada yang mau nganggap," tutur Lusi.

Ibu dari dua orang anak ini pun kemudian membentuk komunitas pembuatan limbah rumah tangga bersama ibu-ibu PKK desa Setiadarma.

Selain minyak jelantah, dikembangkan juga sampah kulit buah menjadi eco enzyme atau larutan multifungsi.

Serta sampah kertas semen yang diolah menjadi kipas dan payung sebagai souvenir.

"Saya kembangkan lagi di ecoprint karena saya belajar ecoprint, bagaimana sak semen dibuang-buang biasanya, saya coba bikin ecoprint kertas semen. Hasilnya jadi kipas, payung. Bisa untuk souvenir," terang perempuan lulusan teknik sipil ini.

Harapkan Warga Bisa Kurangi Sampah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat